Skip to content

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

31 March, 2008

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) yang sudah dikenal oleh siswa-siswa SMA se-Indonesia untuk memasuki perguruan tinggi, hari jum’at (28/3) resmi berubah nama menjadi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Mendiknas Bambang Sudibyo berharap, siswa-siswa yang akan mengikuti ujian perguruan tinggi tahun 2008 tidak harus pusing memikirkan dan bingung dalam memasuki PTN walaupun sistem penerimaan tidak bernama SPMB lagi.

Mengenai peraturan yang diberlakukan masih sama dengan SPMB sebelumnya, hanya saja birokrasi (nama dan panitia) dalam pola baru ini sedikit berbeda. Sedangkan metode pendaftaran masih bersifat nasional, dimana para siswa boleh memilih PTN yang disukai dari tempat asalnya tanpa harus pergi ke PTN yang lain.

Mengenai kepanitiaan nasional, untuk tahun ini akan dibagi dua bagian yakni panitia pengarah dan panitia pelaksana. Panitia pengarah sendiri terdiri dari Dirjen Dikti, Dirjen Pendidikan Agama, Dirjen Perbendaharaan Negara, Deputi SDM Bappenas, dan staf ahli hukum Mendiknas. Sedangkan untuk panitia pelaksana, terdiri dari Sekretaris Dirjen Dikti sebagai Ketua Umum dengan dibantu oleh tiga ketua atau Rektor yang masing-masing mengepalai tiga panitia lokal, atau panitia regional yakni UI, ITB dan Unair.[red]

About these ads
21 Comments leave one →
  1. 31 March, 2008 14:44

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com/

    Link info SNMPTN.

  2. nia dibrata permalink
    15 May, 2008 17:13

    Di SNMPTN UI masih ada? Ada beda biaya masuk gak antara UMB dan SNMPTN UI?

  3. 16 May, 2008 11:02

    Mengenai informasi SNMPTN bisa di lihat DISINI.

  4. benkstar permalink
    21 May, 2008 14:50

    bozzzzz,spmb ui kpn dimulainye???????

    wah gak update kamu Baca ini dong.

  5. erik permalink
    22 May, 2008 21:54

    klo pake sistem skarang ni, apakah biaya kuliahnya jadi semakin besar ngak?
    knapa sih musti ganti2 nama?intinya kan sama saja…

  6. mentri Pendidikan permalink
    24 May, 2008 16:39

    yaaa harus ganti donk…
    biaya kuliah yaaaa mkin besar
    kapn lagi gue bisa korup coba…?
    hidup di indonesia neee mang berat coyyy
    harus bisa mencari jalan untuk korup biar cpat kaya

  7. 26 May, 2008 09:56

    waah apik tulisan di blog Anda,,Makasih udh ksh info tentang SNMPTN

    wah terima kasih telah mengunjungi kami.

  8. sherly permalink
    12 June, 2008 19:39

    aq ada minat sastra jepang UI ne…
    berapa bangku yang tersedia??

  9. sherly permalink
    12 June, 2008 19:41

    sastra jepang UI banyak peminatnya yah??
    minimal kalo mw ikt SNMPTN aq hrs btl brp??

  10. M Hasim permalink
    17 June, 2008 08:39

    Tahun ini peminat Administrasi Niaga UI berapa yah…?
    kira-kira harus betul berapa soal supaya bisa diterima…?
    makasih…

  11. 21 June, 2008 18:48

    klo daftar snmptn di unair. yang ambil ipa, tesnya dmn ya?

  12. E=mc2 permalink
    21 June, 2008 19:29

    waduh gmana ini saya saja tidak di terima apalagi yang lain saya harap jangan terlalu memberatkan pada umb dalam presentasenya. haduh – haduh….

  13. nelly permalink
    23 June, 2008 08:46

    saya sudah diterima di ilmu perpustakaan ui melalui umb .
    kalo saya ikut snmptn dengan pilihan pertama psikologi ui dan pilihan kedua psikologi ugm , kira2 nama saya diblacklist nggak ya?

  14. jufri permalink
    24 June, 2008 14:16

    klo udah lulus di UMB masih bisa gak ikut SNMPTN?nanti klo ikut snmptn,hangus gak umb?

  15. 13 November, 2008 19:21

    mo nanya nich klo SNMPTN & UMB ada batas umur ngga coz udh lama nggangur sekitar 3 taon. dri 2005

  16. 13 November, 2008 19:23

    klo sistem informasi UI passing grade nya brp thx yah sblmnya kasitahu yah coz butuh bener inormasinya

  17. 13 November, 2008 21:06

    Andy
    Untuk sistem seperti SNMPTN asli Pakek UMUR.

    Passing Grade selama ini tidak ada kepastian yang jelas, karena setiap tahun berbeda-beda.

  18. 14 November, 2008 20:47

    lebih besar mana,
    persennya masuk melalui SNMPTN atau UMB?

    Untuk tahun mendatang kita belum bisa memprediksikannya

  19. ika permalink
    17 July, 2010 16:34

    misal nya taon nie

    qta gak lulus dlm

    UMB & SNMPTN ”

    pa mzih bza ikut dptr

    taon dpan . . .

    • 18 July, 2010 00:04

      saya rasa masih bisa kok ika :)

  20. 11 October, 2011 06:29

    hhe.. udah leat masa2 itu…

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,214 other followers

%d bloggers like this: