Skip to content

Aceh Gelap Gulita

23 July, 2008

Akibat salah satu tiang tower listrik bernomor 139-140 tumbang di kawasan Desa Seikrak Kecamatan Karang Baru Aceh Tamiang, diperkirakan wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) menjadi gelap gulita selama empat hari.

Informasi diperoleh Analisa, Selasa (22/7) akibat tumbang tower tersebut disebabkan terpaan angin puting beliung sejak Senin (21/7) sore.

Hal ini membuat wilayah Aceh akan mengalami gelap gulita mulai dari wilayah Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang sampai seterusnya.

Selain itu, akibat aliran listrik sejak sore kemarin sejumlah aktifitas usaha yang menggunakan listrik sempat tersendat dan bagi para pedagang yang tidak memiliki genset (mesin listrik) dipastikan sangat kewalahan untuk melayani para pembeli ditambahkan lagi sering turun hujan.

Seperti halnya penjahit baju terpaksa menghentikan pekerjaan pesanan pakaian pelanggan dan mereka mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Salah seorang pedagang warung kopi saat ditanyai Analisa mengatakan, akibat padamnya listrik sejak sore kemarin membuat omset dagangan menurun drastis.

Hal itu dikarenakan warung kopinya tidak memiliki fasilitas genset membuat pelanggan yang sering nongkrong enggan duduk berlama-lama karena tidak bisa menonton siaran televisi yang biasanya dipersiapkan sebagai pemancing keramaian warung.

“Mau tidak mau kalau memang empat hari lagi akan kembali normal aliran listrik, terpaksa saya harus bersabar karena untuk membeli genset berapa harus mengeluarkan. Belum lagi omset penjualan tidak seberapa,” ujarnya pasrah.

Benarkan

Manager PLN (Persero) Cabang Langsa, Baharuddin SE saat dikonfirmasi kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya membenarkan, tumbangnya tiang tower pengantar arus listrik itu disebabkan hantaman angin puting-beliung, Senin (21/7) sore.

Dikatakan, kini pihaknya sedang berupaya mengatasinya dengan membangun tiang tower alternatif di samping bangunan tiang tower yang tumbang agar aliran listrik dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Adapun kendala yang paling berat dihadapi pihaknya untuk melakukan pembangunan tower alternatif itu, antara lain letak lokasi berada di pedalaman wilayah Aceh Tamiang serta harus melewati sungai Tamiang, sehingga sulit untuk mengangkut pasokan material logistik.

“Karena lokasinya harus menyeberang sungai sangat sulit dilalui untuk membawa material,” ungkapnya.

Ketika ditanyai kapan batas waktu penanganan, dikatakan pihaknya berupaya akan secepat mungkin kondisi listrik di provinsi NAD dapat teratasi. “Insya Allah empat hari (Kamis 24/7) kondisi listrik akan kembali normal,” ujarnya.

Diserbu Pembeli

Karena padamnya aliran listrik sejak Senin sore membuat sejumlah toko penjual genset diserbu pembeli.

Pantauan Analisa, sejak Selasa (22/7) sejumlah toko penjualan genset diserbu pembeli. Apalagi dilaporkan bahwa pemadaman ini akan berangsur selama empat hari.

Pemilik Toko Langsa Diesel saat ditanyai Analisa mengatakan, dalam beberapa menit saja 15 unit genset yang ada di tokonya habis dibeli masyarakat.

Menurutnya, genset itu dijual dengan harga bervariasi masing-masing 20 PK seharga Rp6 juta dan 2 PK Rp 3.200. 000.

Rizal (29) warga kota Langsa saat membeli genset mengatakan, akibat terjadinya pemadaman listrik ini sangat merugikan masyarakat karena terjadi tiba-tiba.

Diakui, akibat listrik padam sejak sore kemarin keluarganya sangat kewalahan untuk memperoleh air bersih dan sebagainya yang merupakan kebutuhan rumah tangga.

“Saya dan anak-anak sampai sekarang belum mandi, ikan dan makanan banyak yang busuk akibat kulkas tidak hidup,” katanya Iyan seraya menambahkan, mau tidak mau mereka terpaksa harus membeli genset agar usaha jual nasinya tetap dapat berjalan lancar.

Mudah-mudahan pemadaman listrik ini tidak akan berangsur lama, supaya aktifitas masyarakat dapat berjalan seperti sediakala.[analisa]

About these ads
2 Comments leave one →
  1. 25 July, 2008 01:33

    Terasa Bete !!!!
    Bosan !!!
    Pokoknya !!@@##
    Aaargrr….
    Tak bisa di ungkapkan dengan kata2
    Yang di karenakan kejadian mati lampu
    Don’t worry mungkin lagu nih bisa temenin kamu buat hilangin bete.
    So download aja di

    http://www.ziddu.com/download/1696804/MatiLampu.mp3.html

    atau

    http://www.myspace.com/mixerband

    salam kenal aja

    tq

    mix3rband@yahoo.com

  2. Teuku Yanovic permalink
    26 July, 2008 21:00

    Pajan aceh hana masalah ????

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,214 other followers

%d bloggers like this: