Skip to content

Daya Tampung PTN Naik

3 May, 2011
Kampus

Ilustrasi: Okezone.com

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 jalur Ujian Tertulis telah dibuka mulai hari ini. Kesempatan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bagi siswa dari keluarga kurang mampu semakin besar lantaran meningkatnya daya tampung PTN. Berdirinya PTN baru juga ikut memicu naiknya daya tampung dimaksud.

“Ini sangat membahagiakan karena dengan naiknya daya tampung itu berarti semakin terbuka akses kesempatan adik-adik kita untuk masuk PTN,” ungkap Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh usai menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2011 di Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta, Senin (2/5).Nuh  mengatakan, mulai tahun ini PTN berkewajiban untuk menerima 20 persen dari mahasiswa yang diterima berasal dari keluarga tidak mampu.  Dengan naiknya kuota itu, kata Nuh, berarti kesempatan untuk masuk ke PTN dari keluarga yang tidak mampu semakin besar. “Kewajiban bagi perguruan tinggi untuk menerima mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu itu,” katanya.

Secara terpisah, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas Djoko Santoso menyampaikan, daya tampung SNMPTN 2011 sebanyak 108.535 dari 60 perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia. Ini artinya  naik dari tahun lalu sebanyak 82 ribu. Adapun daya tampung jalur undangan, yang segera diumumkan pada 18 Mei, sebanyak 53.790 dengan jumlah pendaftar sebanyak 233 ribu.

“Kenaikan daya tampung disebabkan berdirinya universitas negeri baru, pembukaan program studi baru, dan adanya kuota 60 persen penerimaan mahasiswa baru harus lewat SNMPTN,” kata Djoko. | jpnn

About these ads
One Comment leave one →
  1. 28 September, 2011 08:00

    kalo hanya kenaikan kuantisa mah biasa, tapi kalo kualitas, baru luar biasa…

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,213 other followers

%d bloggers like this: