Skip to content

Gagal SNMPTN, Bisa Ikut UMB

31 May, 2011
UMB

Sumber: padangekspres.co.id

Kabar gembira bagi calon mahasiswa yang tak lulus seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Tahun ini, Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Nusantara kembali menunjuk Padang sebagai panitia lokal outlet pelaksanaan ujian masuk bersama (UMB) perguruan tinggi (PT) 2011.

Calon mahasiswa bisa memilih 12 PTN, 8 PTS terkemuka dan kuliah di International Development Program (IDP) Australia. “Status masuk mahasiswa, reguler, sama dengan yang lulus SNMPTN. Ini kesempatan emas, tak perlu tes di Jakarta, Bandung dan daerah lainnya di luar Sumbar. Cukup tes di Padang saja,” ujar Ketua Panitia Lokal Outlet Padang, Hilman didampingi sekretaris, Azhari Suir saat jumpa pers di BAAK UNP, Sabtu (28/5).

Sebelumnya, UMB PT telah pernah dilaksanakan tahun 2008, 2009 dan 2010. “Jumlah peminatnya sangat luar biasa. Tahun 2008 dan 2009, jumlahnya mencapai 3.000 orang. Tahun 2010 melonjak menjadi 17 ribu orang. Tahun-tahun sebelumnya, Jumlah peserta tak hanya dari Padang, juga dari Riau, Kepri, Jambi, Bengkulu dan Medan,” terang Hilman.

Pada pelaksanaan UMB PT sebelumnya, pelaksanaan ujian terpisah antara perguruan tinggi negeri (PTN) melalui UMB PTN dengan perguruan tinggi swasta (PTS) melalui UMB PTS. Pada tahun ini, pelaksanaan UMB PTN dan UMB PTS digabung.

Keanggotaan PTN peserta UMB PT 2011 diikuti 12 PTN, dengan formasi berbeda. Formasi yang bertambah, Universitas Riau (Unri), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), dan Universitas Diponegoro (Undip). Namun Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Indonesia (UI) tidak lagi masuk ke dalam formasi (lihat grafis, red).

“Tahun ini, kebijakan pusat berubah. Unand dan UNP tak masuk lagi. Alasan detailnya, kami tak tahu juga,” tutur dosen Hukum Unand itu. Pendaftaran secara online melalui http://www.spmb.or.id pada 1 Juni-4 Juli 2011. Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan di kantor Cabang BNI di seluruh Indonesia.  Ujian tertulis dilaksanakan 9 Juli 2011 di Kampus UNP, pengumuman hasil ujian 17 Juli 2011.

“Pendaftaran sengaja dibuka setelah pengumuman SNMPTN, 30 Juni 2011. Calon mahasiswa tak usah kecewa jika tak lulus SNMPTN,” bebernya.

Biaya pendaftaran S-1 (IPA/IPS) Rp 275.000 untuk lima pilihan program studi di PTN, S-1 (IPC) Rp 300.000 untuk lima pilihan program studi di PTN. Juga tersedia untuk pendaftaran IPA/IPS (lima prodi, 1 PTS/IDP) Rp 325 ribu dan Rp 350 ribu untuk IPC. | padangekspres

About these ads
2 Comments leave one →
  1. 28 September, 2011 08:02

    masih ada snmptn taun depannya lagi

  2. 23 July, 2012 14:58

    sip … proses penerimaan mahasiswa baru jadi simpel …

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,213 other followers

%d bloggers like this: