Skip to content

Hari Ini Registrasi UI Berakhir

3 July, 2008

Dua hari dari kemarin (2/7) dan hari ini (3/7), UI telah melaksanakan pendaftaran ulang. Adapun mahasiswa yang diterima kali ini yang ikut mendaftar ulang adalah melalui berbagai jalur yakni Kerjasama Daerah dan Industri (KSDI), Program Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan juga Ujian Masuk Bersama (UMB) yang tahun ini diwakili oleh 5 PTN (UI, UNJ, UIN, Unhas, dann USU).

Dari hasil pengamatan SAMAN UI dilapangan selama dua hari, registrasi berlangsung dengan sangat terarah dan terorganisir. Walaupun kelihatan tidak sebegitu banyak seperti tahun biasanya, malah membuat registrasi kali ini membuat waktu yang terpakai cukup efisien.

Namun, untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang dilaksanakan bertetapan dengan registrasi mahasiswa baru di UI juga akan berlangsung pada Agustus 2008 nanti.

Sehingga tahun ini, UI akan mengadakan dua kali sesi pendaftaran ulang. Untuk sesi pertama telah berhasil dengan baik dan sesi selanjutnya untuk mahasiswa yang lulus melaui SNMPTN akan ada pengumuman selanjutnya.

Ada beberapa hal yang tahun ini diterapkan dengan adanya kebijakan baru, tentang proses alur registrasi yang diberlakukan untuk mahasiswa baru. Mulai dari ketepatan waktu yang sangat ketat pada saat absensi sampai arus mobilisasi yang terkontrol penuh.

Dari sumber kemahasiswaan sendiri Bapak Komaruddin, menyebutkan bahwa “untuk mahasiswa yang mendaftar ulang atau tepatnya yang absen lewat dari jam 10.00 WIB dinyatakan gugur, kecuali dengan alasan keterlambatan pesawat dan sebagainya yang masih bisa ditolelir”.

Ternyata dengan mekanisme yang baru ini, siang hari keadaan dalam balairung sudah mulai sepi. Apalagi mahasiswa-mahasiswa yang bersangkutan langsung diarahkan ke fakultas masing-masing untuk mengurus segala jenis syarat-syarat administrasi baik Uang Pangkal (UP) dan juga Biaya Operasional Pendidikan (BOP).

Sehingga mahasiswa yang bersangkutan hanya tinggal menunggu keputusan dari pihak dekan fakultas yang bersangkutan mengenai ketetapan besaran yang harus mereka keluarkan untuk kelengkapan administrasi ini. Selain itu juga ada yang langsung mengikuti wawancara sesuai dengan kebijakan dari fakultasnya.[red]

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: