Skip to content

Training Skill Turunkan Angka Pengangguran

10 July, 2008

Dalam rangka pengentasan angka pengangguran yang selama ini jumlahnya besar, Pemerintah Aceh Timur mengadakan training skill (ketrampilan-red) bagi pemuda dan pemudi yang putus sekolah di daerah itu.

“Program pelatihan ketrampilan ini akan dilaksanakan melalui salah satu unit kerja dinas yakni Balai Latihan Ketrampilan (BLK),” kata Sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Timur, Zakaria kepada Medan Bisnis Rabu (9/7) di ruang kerjanya.

Dijelaskannya, untuk tahun 2008 ini, dari Pemkab Aceh Timur sebanyak 6 paket pelatihan, dari Pemerintah Propinsi NAD ada 5 paket pelatihan sedangkan dari Dinsos Propinsi sebanyak 2 paket, namun demikian saat ini program pelatihan tersebut masih dalam tahap perekrutan peserta.

Sedangkan untuk perekrutan peserta, pihak Pemda menyerahkan kepada masing-masing Camat di wilayah Aceh Timur dan setiap Kecamatan diminta sedikitnya lima orang.

Untuk itu, Zakaria meminta pemuda dan pemudi Aceh Timur yang mendapatkan kesempatan belajar di BLK ini agar jangan menyia-nyiakannya dan mengikuti materi dengan sebaik-baiknya, karena ini demi masa depan mereka sendiri.

“Apalagi setelah selesai belajar akan terus dipantau sebab pemerintah akan memberikan fasilitas untuk membuka usaha sesuai ketrampilan yang dimilikinya secara kelompok kerja,” katanya.

Adapun materi yang akan diajarkan dalam kegiatan ini meliputi, servis sepeda motor, servis HP, menjahit, bahasa, cara membuat bakso, instalasi listrik, mengelas, bubut dan montir TV. Namun untuk program dari Dinsos Propinsi NAD dikhususkan kepada anak-anak kurang mampu.[mbo]

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: