Skip to content

3.246 Maba Diterima di Unsyiah

1 August, 2008

Hasil pelaksanaan ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM-PTN) yang dilaksanakan di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh awal Juli lalu, diumumkan secara resmi pada Jumat ( 1/8 ) ini.

Dari jumlah yang mengikuti ujian sebanyak 12.590 peserta yang diterima menjadi mahasiswa baru tahun ini di kampus “Jantung Hati” masyarakat Aceh tersebut sebanyak 3.246 orang.

“Jadi, setelah dilaksanakan ujian SNM-PTN awal Juli lalu, hasilnya diumumkan besok (hari ini) di beberapa media dan sebanyak 3.426 mahasiswa baru diterima di Unsyiah tahun ini,” ujar Ketua Panitia Lokal (PL) SNM-PTN 2008 Banda Aceh, Prof Dr Ir Samsul Rizal M.Eng kepada wartawan di Banda Aceh, Kamis (31/7) sore.

Dijelaskannya, calon mahasiswa baru yang diterima tersebut di delapan fakultas dan 44 program studi (Prodi) termasuk beberapa di antaranya yang baru dibuka tahun ini yakni Ilmu Komunikasi yang diterima sebanyak 100 orang, Ilmu Politik 100 orang, Sosiologi 50 orang, Psikologi 40 orang, Pendidikan Guru Sekolah Dasar 120 orang, dan Pendidikan Geografi 55 orang. Sementara Prodi terbanyak yang menerima calon mahasiswa baru baru adalah Ilmu Hukum yakni mencapai 230 orang dan Agrobisnis 160 orang.

Samsul Rizal yang didampingi Kepala Humas Unsyiah, Drs Wahab Abdi M.Si menyatakan, calon mahasiswa baru tersebut juga harus bebas dari narkoba, dan untuk membuktikannya akan dites nantinya.

“Memang pada tahun lalu ada beberapa orang di antaranya yang terindikasi menggunakan narkoba, tapi bagi mereka yang terlibat itu itu kita bina,” terangnya.

Sementara terkait dengan adanya calon mahasiswa baru yang diterima di Unsyiah tahun ini tapi waktu mendaftar dulu tidak lulus Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, Samsul menyebutkan, jika ada yang seperti itu harus bisa menunjukkan ijazah lulus ujian nasional pendidikan keseteraan (UNPK) Paket C.

“Kita berikan waktu kepada mereka untuk bisa menunjukkan ijazah lulus ujian Paket C hingga akhir semester pertama. Kalau tetap tidak ada ijazah tersebut, maka dengan sangat terpaksa kita suruh yang bersangkutan untuk segera meninggalkan Unsyiah,” jelas Samsul Rizal yang juga Pembantu Rektor (PR) I Unsyiah.

Sementara itu menyangkut dengan jadwal kegiatan pendaftaran ulang mahasiswa baru yang diterima di Unsyiah, ia menyatakan dimulai 11-23 Agustus 2008 yaitu melapor, mengambil bahan pendaftaran ulang pada Bagian Pendidikan Kantor Pusat Administrasi (KPA) Unsyiah, pemeriksaan kesehatan dan membayar SPP serta dana kegiatan kemahasiswaan lainnya.

“Calon mahasiswa harus datang sendiri, tidak boleh diwakilkan saat melapor untuk pendaftaran ulang dengan memperlihatkan tanda bukti peserta SNM-PTN Tahun 2008,” terangnya.

Menyangkut dengan jumlah dana SPP mahasiswa baru Unsyiah tahun ini, Samsul menyatakan, untuk mahasiswa jurusan eksakta biaya SPP per semester sebesar Rp475 ribu ditambah dana tambahan Rp585 ribu serta dana non SPP (kelembagaan) Rp203 ribu. Sedangkan untuk mahasiswa jurusan non eksakta dana dana SPP-nya Rp475 ribu, dana tambahan Rp455 ribu dan non SPP Rp203 ribu.[analisa]

One Comment leave one →
  1. TRI ADI SYAHPUTRA S permalink
    30 June, 2009 13:24

    tolong kepada panitia dari UNSYAH,untuk menginformasikan tentang pendaftaran ulang bagi para peserta yang lulus dalam UMB diUNSYAH.Mohon sekali ya pak karena saya sangat membutuhkan informasi tersebuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuut.

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: