Skip to content

Takengon Ada Universitas

4 August, 2008

Berdasarkan keputusan Menteri Diknas Nomor : 144D/O/2008 B tanggal 18 Juli 2008, status Perguruan Tinggi (PT) Gajah Putih Takengon, Aceh Tengah telah resmi menjadi universitas. Perubahan status ini disambut haru oleh sejumlah tokoh pendidik dan tokoh masyarakat daerah itu.

Pimpinan Perguruan Tinggi Gajah Putih, Takengon Drs. Tgk. H. Mahmud Ibrahim kepada Koran ini Jumat, (1/8)) mengatakan, rasa gembira sekaligus harunya. karena melalui proses yang cukup panjang, akhirnya salah satu perguruan tinggi di daerah dataran tinggi Gayo itu kini telah menjadi universitas.

Mahmud mengatakan, semua ini tidak terlepas dari perjuangan Pemda Aceh Tengah bersama para tokoh perintis Gajah Putih. “Hari ini merupakan sejarah bagi saya dan rakyat Aceh Tengah”, ujarnya dengan nada keharuan.

Ketua Yayasan Gajah Putih, H. Armia, SE menyebutkan berdasarkan keputusan Mendiknas itu, Gajah Putih diberikan izin penyelenggaraan Program Studi (Prodi) masing-masing, Budidaya Perairan, Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Peternakan, Teknik Informatika, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Komunikasi dan Administrasi.

Ditambahkannya, Sedangkan untuk Fakultas Pertanian mengelola tiga Program Studi, yakni Agroteknologi, Agribisnis dan Peternakan. Untuk Fakultas Ekonomi mengelola dua Program Studi yakni Manajemen dan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Perikanan mengelola dua Program Studi Budidaya Perairan dan pemanfaatan sumber daya perikanan.

Sebutnya, untuk Fakultas hanya mengelola satu Program Studi yakni informatika. Sedangkan untuk Fakultas Fisipol mengelola dua Program Studi yakni ilmu komunikasi dan administrasi negara.

Armia juga menambahkan, bahwa Fakultas Ekonomi dan Fakultas Pertanian pada tahun akademik 2008/2009 mulai melaksanakan proses belajar dan mengajar. Sedangkan mahasiswa untuk Fakultas Ekonomi dan Pertanian berasal dari mahasiswa yang telah mendaftarkan diri. Sejak dibukanya pendaftaran hingga Kamis, (31/7) katanya sudah mencapai 1.557 orang calon mahasiswa.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Aceh Tengah, Ir. H. Nasaruddin, MM meminta pihak pengelola Gajah Putih terus melakukan pembenahan terhadap organisasi. Selain itu.

Nasaruddin juga berharap, dengan perubahan status Gajah Putih, pihak pengelola diharapkan dapat memperpanjang jadwal penerimaan mahasiswa baru. Tak hanya itu, proses pengusulan Perguruan Tinggi Gajah Putih ke Menteri Pendidikan Nasional dinilainya telah memakan waktu sekitar lima tahun.
Menurut dia perjuangan yang telah dilakukan oleh para perintis kini telah membuahkan hasil.

Sebagai bentuk rasa syukur mengusulkan pihak pengelola menggelar acara syukuran dengan mengundang para tokoh pendidik, tokoh masyarakat serta para pelajar daerah itu. Hal ini dimaksudkan untuk lebih mensosialisasikan Universitas Gajah Putih kepada masyarakat setempat.[rakyataceh]

5 Comments leave one →
  1. Drs. Darul Aman, M.Pd permalink
    14 December, 2008 18:30

    Pembaca yth.
    Universitas atau sebuah institusi pendidikan baik dari TK sampai ke perguruan tinggi adalah sebuah wadah dimana sosial masyarakat atau masyarakat sekitarnya untuk menuntut ilmu pengetahuan. Saya merasa sangat senang dan bahagia karena adanya sebuah perguruan tinggi di Aceh Tengah karena calon mahasiswa setiap tahunnya dari dataran tinggi gayo ini semakin besar jumlahnya sehingga daya tampung PT negeri baik di Banda Aceh maupun di Medan dan propinsi lainnya menerima calon mahasiswa baru hanya terbatas.
    Tentu saja universitas Gajah Putih memegang peranan penting untuk mencetak tenaga propesional dalam berbagai disiplin ilmu sehingga mampu membangun daerah yang dulu masih ketinggalan dalam beberapa sektor terutama sektor pendidikan. Selain itu, saya menghibau kepada pemerintah daerah baik Aceh Tengah, Bener Meriah dan Aceh Goyo Luwes kiranya sama-sama mendukung untuk memperoleh status penegerian Universitas gajah Putih tersebut sehingga dapat menerima daya tampung yang lebih tinggi dan akan memiliki dosen-dosen negeri sesuai kebutuhan.
    Sekian dan terimakasih

    Drs. Darul Aman, M.Pd

    Terima kasih atas tanggapannya Pak Darul Aman

  2. Drs. Darul Aman, M.Pd permalink
    31 December, 2008 22:54

    Memang benar bahwa dalam rangka meningkatkan pembangunan masyarakat baik pembangunan phisik maupun mental maka sangat tergantung kepada modal pendidikan didaerah tersebut, bagi saya dengan keberadaana Universitas Gajah Putih di Takengon akan sangat membantu pembangunan kedua diatas. Dengan demikian, Pemerintah Daerah Aceh Tengah dan sekitarnya perlu mendesak penegerian lembaga pendidikan yang kita cintai ini agar peningkatan pendidikan di daerah dataran tinggi Gayo akan menjadi investasi besar pada masa yang akan datang. Mungkin kedua kalinya tanggapan saya ini kurang berkenan maka saya mohon maaf. Akan tetapi paling tidak menjadi motivasi Pemda dan Penentu pendidikan untuk mengedepankan kualitas masyarakat demi perubahan yang lebih cerah. Konsep pengembangan yang terbaik adalah “Peningkatan Kualitas Pendidikan akan menjadi Investasi yang besar”. Selamat dan salam sukses buat Universitas Gajah Putih, Ketua Yayasan, Ketua STAI, Pukket, Staf dan civitas Akademika semua. Salam Darul Aman dari Ohio-Colombus, USA

  3. 19 January, 2009 08:49

    asss

    mau nanya yah ada ga univ di sekitar aceh baik takengon maupun banda aceh yang menyediakan jurusan teknologi informasi???

    sukur2 kalo di takengon ada karena saya orang takengon cuman saya lahir di jakarta dan sampai hari ini pun saya di jakarta saya masih sekolah smk di jakarta dengan jurusan teknologi informasi maka dari itu saya ingin meneruskan jurusan saya itu tapi saya ingin di takengon mentok2 di banda lah….

    tolong di jawab yah,,

    ass

    Maulina Mutiaranate

    Dari pantau kami di Banda Aceh dan di Aceh pada umumnya ada juga Fakultas Ilmu Komputer bahkan Teknik Informatika baik di swasta maupun negeri seperti di UNIMAL Lhokseumawe, USM Banda Aceh, dll

  4. laila permalink
    29 November, 2010 22:00

    wah alhamdulillah sudah jadi universitas saya sebagai orang takengon turut bangga gajah putih sudah menjadi universitas..salah satu keponakan saya kuliah disitu…juga..

    • 3 December, 2010 15:06

      semoga semua pelosok, generasi kita bisa mengejam pendidikan yang madani🙂

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: