Skip to content

Minimnya Kemampuan Baca Al Quran

7 August, 2008

Kemampuan dan pemahaman pelajar di Kota Banda Aceh dalam membaca Al Quran secara baik sesuai ‘makhraj’ (ejaan) terlihat masih minim, terutama di kalangan murid Sekolah Dasar (SD).

“Dari hasil survey yang kita lakukan, masih banyak pelajar kita belum mampu membaca Alquran dengan baik,” kata Kepala Dinas Syariat Islam dan Keluarga Sejahtera Kota Banda Aceh, Natsir Ilyas di Banda Aceh, Rabu.

Dinas Syariat Islam dan Keluarga Sejahtera bekerjasama dengan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), Dinas Pendidikan dan Kantor Departemen Agama Kota Banda Aceh melakukan survey terhadap sembilan sekolah mulai SD, SMP hingga SMA.

Survey yang dilakukan dengan sampling acak tersebut bertujuan mengetahui kemampuan siswa-siswi dalam membaca Alquran sehingga ke depan dapat disusun langkah konkrit untuk meningkatkan kemampuan mereka.

“Dari hasil MTQ nasional yang lalu, Aceh hanya mampu berada di posisi 11 di bawah Irian Jaya. Sebagai daerah yang menerapkan syariat Islam, hal itu sangat memalukan, karena itu perlu dibenahi,” katanya.

Tim survey menilai tiga kriteria mampu baca Al Quran yaitu makhraj, kelancaran baca, dan irama. Hasilnya, mayoritas pelajar belum mampu membaca Al Quran secara baik dan fasih.

Survey lima hari itu menyebutkan hanya 10,43 persen murid SD atau 330 dari 502 orang yang mampu baca Alquran dengan baik sekali, 47,63 persen baik, 27,07 persen cukup, 7,85 persen kurang, dan 7,12 persen tidak mampu membaca.

Di tingkat SMP, jumlah keseluruhan siswa yaitu sebanyak 981 yang disurvey 176 hanya 22,36 persen yang mampu membaca Al Qur’an dengan baik sekali, 35,35 persen dalam katagori baik, 29,79 persen cukup, 7,78 persen kurang dan 4,72 persen tidak mampu.

Untuk tingkat SMA, dari 1.380 jumlah siswa di sembilan sekolah dan 198 siswa yang disurvey menghasilkan 40,13 persen baik sekali, 38,28 persen baik, 14,94 persen cukup, 6,07 persen kurang dan 0,58 persen tidak mampu membaca Alquran.[waspada]

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: