Skip to content

Pendidikan Bisa Selesaikan Permasalahan

20 August, 2008

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan pendidikan memegang peranan penting dalam usaha menyelesaikan sejumlah permasalahan yang saat ini dihadapi umat manusia.

“Pendidikan memegang peranan yang penting. Dengan pendidikan yang baik, maka tidak hanya akan menguntungkan individu dan bangsa, tetapi juga memberi kontribusi pada penyelesaian masalah umat manusia,” kata Presiden Yudhoyono, saat membuka Olimpiade Astronomi dan Astrofisika di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Kepala Negara kembali mengingatkan sejumlah masalah yang dihadapi secara global, seperti krisis energi, krisis pangan bahkan potensi krisis air bersih.

“Hanya ada dua hal untuk menyelesaikan sejumlah masalah itu, selain kita harus mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat dan ramah lingkungan, permasalahan tersebut juga bisa diatasi dengan inovasi teknologi,” tegas Presiden.

Masih menurut Presiden, pendidikan yang baik akan mendorong timbulnya inovasi teknologi.

“Untuk bidang astronomi dan astrofisika, sejarah membuktikan bahwa negara atau bangsa yang menguasai dengan baik keduanya akan memiliki peradaban yang tinggi,” tutur Presiden.

Olimpiade astronomi dan astrofisika akan berlangsung sejak 19 Agustus hingga 28 Agustus 2008.

Kota Bandung dan Lembang akan menjadi lokasi penyelenggaraan olimpiade yang diikuti oleh 95 orang peserta dari 24 negara itu.

Sejumlah negara yang ikut serta dalam perhelatan ini antara lain Iran, Myanmar, China, Singapura, Thailand, India, Rumania, Korea, Yunani, Azerbaijan, Belarusia, Ukraina, Slovakia, Malaysia, Bangladesh, Vietnam dan Nigeria.

Indonesia sendiri mengirimkan dua tim yang akan bertanding dalam olimpiade ini. Tim A terdiri dari Ady Suwardi (SMA Soetomo Medan), Eky Valentian Febriano (SMAN 3 Bogor), Esther Brigitta (SMAK Penabur 1 Jakarta), Mikha Benanta Purba (SMA Taruna Nusantara Magelang) dan Lorent Da Silva (SMA Semesta Semarang).

Sementara tim B terdiri dari Ridlo Wahyudi (SMAN Rembang), Veena Salim (SMA Methodis 3 Medan), Marshiella (SMAN 8 Jakarta), Amar Kusuma (SMA Taruna Nusantara Magelang) dan Ahmad Yudo Diponegoro (SMA Taruna Nusantara Magelang).

Selain membuka Olimpiade Astronomi dan Astrofisika, Presiden yang didampingi oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono juga meresmikan peluncuran buku teks pelajaran bermutu yang hak ciptanya telah dimiliki oleh pemerintah.[antara]

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: