Skip to content

Anggaran Pendidikan Harus Mampu Tingkatkan Pendidikan

22 August, 2008

Peningkatan anggaran pendidikan sebesar 20% dari total APBN harus mampu meningkatkan kualitas dan akses pendidikan yang makin baik dan terjangkau, terutama ditingkat dasar dan menengah.

“Selain peningkatan anggaran, banyak elemen lain yang menentukan keberhasilan ini. Saya menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya kepada daerah yang telah mengalokasikan dana tambahan untuk bantuan operasional sekolah, sehingga siswa dapat dibebaskan dari segala macam pungutan,”kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam Sidang Paripurna Khusus Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia di gedung MPR, DPR, DPD RI Jakarta, Jumat 22 Agustus 2008.

Presiden berharap pemerintah daerah juga mengikuti langkah pemerintah pusat untuk memenuhi amanat konstitusi dengan mengalokasikan anggaran pendidikan minimal 20%.

“Dengan anggaran pendidikan yang dianggarkan saat ini Insya Allah mimpi kita bahwa disetiap sekolah SD, SMP dan SMA memiliki komputer untuk para siswa dan guru bisa terwujud,”kata Presiden.

Keputusan Presiden SBY untuk meningkatkan anggaran pendidikan mendapat pujian dari Ketua DPD RI Ginanjar Kartasasmita.”Sungguh langkah yang sangat terpuji dan patut kita hargai, karena keputusan tersebut diambil dalam kondisi ekonomi kita baru dalam tahap awal pemulihan, dan banyak agenda yang memerlukan prioritas,”puji Ginanjar.

Namun,Ginanjar menilai adalah tantangan bagi kita semua untuk memenuhi anggaran pendidikan tersebut sehingga betul-betul efektif dan dapat mempercepat pembangunan dibidang pendidikan.

“Pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang akan menerima bagian besar dari anggaran pendidikan itu, harus bersama-sama menyusun rencana agar dana yang besar tersebut dapat tepat sasaran, jangan sampai digunakan untuk keperluan yang tidak berdampak langsung pada peningkatan mutu pendidikan kita. DPD berpendapat bahwa prioritas harus diberikan kepada peningkatan kualitas guru, yang berjalan sejajar dengan peningkatan kesejahteraannya,”ucapnya.[modus]

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: