Skip to content

Waktunya Guru Menguasai Teknologi Informasi

26 August, 2008

Dunia Pendidikan di Kota Langsa kini maju selangkah lagi terutama kalangan guru. Mereka secara bertahap sedang merambah ke dunia maya sehingga kehadirannya sebagai tenaga pendidik, diharapkan menjadi sebuah jawaban kongkrit dalam mensukseskan tiga pilar kebijakan umum pembangunan pendidikan nasional.

Menyadari betapa pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), maka Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Depdiknas yang bekerjasama dengan Pustekkom Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), memberikan pelatihan tentang TIK dimaksud kepada guru.

Tujuannya, menyiapkan guru yang dapat memanfaatkan TIK dalam proses belajar-mengajar dan mengembangkan bahan ajar interaktif serta atraktif berbasis media informasi dan komunikasi, seperti internet, radio, televisi dan lain-lain.

Dalam hubungan ini, Pustekkom pusat yang bekerjasama dengan Pustekkom Aceh, menurut pelatih TIK (senior trainer) Nurwati, SPd, telah mengadakan kegiatan pelatihan bagi guru di seluruh Aceh kecuali Aceh Tamiang, Gayo Lues dan Aceh Tenggara. Ketiga daerah ini masih dalam pelaksanaan, sedangkan guru di Kota Langsa sudah dilaksanakan 22 sampai 25 Agustus di SMA Negeri-I Langsa.

Dalam pelaksanaan ini, 15 guru dari berbagai sekolah di Kota Langsa telah ikut mengambil bagian dalam pelatihan TIK ini. Mereka itu, kata Nurwati, merupakan calon-calon master trainer yang nantinya diharapkan akan mampu meneruskan pengetahuannya kepada 150 guru lainnya. “Seorang master bertugas menggarap 10 orang guru,” katanya kepada Waspada usai acara penutupan.

Oleh karena itu, Nurwati, salah seorang instruktur TIK di NAD meminta para guru yang telah menimba pengetahuan TIK tersebut supaya meneruskan dan mengembangkan kepada guru lain, minimal guru yang ada di sekolahnya.

Menurut dia, Pustekkom saat ini sedang mempersiapkan 225 tenaga master trainer di daerah Aceh. Dengan demikian diharapkan nantinya akan tergarap 2.250 orang dalam tahun ini, tandasnya lebih lanjut.

Kepala SMA Negeri 1 Langsa Drs. H.A. Samad Hasan, MBA atas nama Kadis Dikjar ketika menutup kegiatan pelatihan TIK menegaskan, guru harus mampu menguasai teknologi informasi dan komunikasi.[waspada]

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: