Skip to content

Pelestarian Bahasa Aceh Tanggungjawab Bersama

23 September, 2008

Memajukan budaya Aceh khususnya bahasa Aceh di tengah-tengah masyarakat tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah semata, namun merupakan tanggungjawab kita bersama termasuk media massa, cetak maupun elektronik.

Dengan peran dan partisipasi aktif pers, khususnya media lokal baik radio, televisi maupun koran-koran daerah niscaya pemahaman masyarakat akan pentingnya melestarikan budaya daerahnya seperti bahasa Aceh akan terus berkembang.

Media massa cetak maupun elektronik merupakan wadah paling efektif dan ampuh dalam mensosialisasikan budaya bahasa Aceh ini.

Demikian ditegaskan Ketua Gabungan Rakan-Rakan Gipsi (GARASI), Adriansyah Akp dalam acara buka puasa bersama pengurus dan anggota GARASI, fans-fans bahasa Aceh “Saleum Keu Rakan” Radio Gipsi FM Langsa dari Kabupaten Aceh Timur,Langsa dan Aceh Tamiang, di Tualang Cut.

Menurut Adriansyah, hadirnya acara “Saleum Keu Rakan” yang digelar Radio Gisi FM Langsa sungguh membanggakan karena melalui ajang interaktif dalam bahasa Aceh itu mampu melestarikan budaya Aceh itu sendiri.

Fans-fans acara bahasa Aceh ini cukup banyak baik dari wilayahn Idi, Peudawa, Sungai Raa, Ranto Panjang, Rantau Selamat, Langsa, Tualang Cut, Karang Baru dan juga dari Gayo Lues yang memang dapat menjangkau siaran Gipsi FM Langsa.

“Selaku ketua dan seluruh pengurus GARASI, kami memberikan penghargaan dan apresiasi tinggi terhadap manejemen Radio Gipsi FM Langsa yang sudah begitu akif dalam mendukung acara berbahasa Aceh ini sebagai salah satu program andalan radio ini,” ujar Adriansyah yang juga merupakan Ketua DPD Partai Aceh Aman Seujahtra (PAAS) Aceh Tamiang.

Dalam kesempatan buka puasa bersama tersebut, Adriansyah juga menyatakan hal terpenting yang ingin diraih ole GARASI adalah semakin terjalinnya tali silaturahmi dan ukhuwah islamiyah antara sesama fans radio Gipsi di Aceh.

Dengan wadah GARASI ini maka rasa persaudaraan,baik antara fans-fans yang berusia muda maupun dewasa dan orangtua lebih terjalin erat selain dengan wadah ini juga diharapkan GARASI beserta seluruh anggotanya mampu membuat sesuatu yang terbaik bagi masyarakat Aceh melalui kegiatan-kegiatan sosial keagamaan, budaya, hiburan, olahraga dan lainnya.

Kegiatan buka puasa bersama itu juga dihadiri sejumlah penyiar radio Gipsi FM Langsa seperti Alul dan Doni yang sudah cukup akrab di telingi pecinta acara “Saleum Keu Rakan” serta undangan lainnya.[analisa]

2 Comments leave one →
  1. lowonganker99 permalink
    21 October, 2008 21:01

    Assalamu’alaikum, wr wb,
    sebelumnya saya cukup senang dengan blog kamu, isinya bagus, dan karyanya menarik dan dinamis, dan bermanfaat. oleh karena itu saya lagi coba bekarya melalui blog saya, terima kasih teman..
    salam kenal saya buat semua komunitas blogger dan pecinta dunia internet, dan semua teman yang ada di alam dunia manya ini dan pengunjung semuanya, semoga kita sama sama dapat membangun Aceh untuk lebih maju baik dari metalitaskah atau dari berbagai sisi lain dengan memberikan sedikit ilmu dan waktu kita untuk orang orang yang sangat membutuhkan uluruan tanga kita diluar sana yang tiap hari mengakses dunia manya, salam buta semua teman yang telah membantu saya dalam mengenal blogging.
    semoga ini menjadi tali persaudaraan diantara kita untuk mejadikan ukhwah saling tukar informasi, komunikasi, pengetahuan, pengalaman dan wawasan dalam membangun pribadi yang baik untuk saling keterbukaan rasisi positif terhadap suatu peroalan generasi kedepan serta dapat menjalin persaudaraan dengan penuh warahmah.
    Bagi yang mau bantu menyebarkan informasi lowongan kerja, baik buat teman, saudara maupun komunitas anak internet, maupun personality.
    kunjungi blog gue di

    http://lowonganker99.wordpress.com
    Terima kasih, salam kenal buat semuanya..!!
    By, Computer

Trackbacks

  1. Pelestarian Bahasa Aceh Tanggungjawab Bersama « Forum OJT/Magang PT ARUN LNG

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: