Skip to content

Islam di Aceh Tidak Fundamentalis

21 October, 2008

Gubernur Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) Irwandi Yusuf menegaskan Islam yang berkembang di daerahnya bukan “fundamentalis” yang cenderung dikaitkan dengan hal-hal negatif.

“Sejak dulu, yang berkembang di Aceh itu Islam moderat yang toleran terhadap siapa pun,” katanya usai membuka pelatihan Fahmul Quran kepada guru se- NAD di Aceh Besar, Selasa.

Ia menyatakan hanya politiklah yang membuat kesan “fundamentalis” menempel pada perkembangan Islam di Aceh.

Kendati demikian, gubernur menginginkan Syariat Islam di Aceh bukan hanya sebatas simbol, misalnya dengan razia jilbab di jalan-jalan, tapi bagaimana menyadarkan masyarakat tentang arti penting berpakaian ala muslim.

“Penting sekali bagaimana masyarakat muslim di Aceh memahami secara benar isi kandungan Al-Quran sebagai Kitab Suci. Pendekatan Syariat itu bukan dengan cara pemaksaan, tapi lebih bersifat mendidik masyarakat agar benar-benar mencintai hidup secara Islami,” tambah dia.

Nilai-nilai Al-Quran harus digali lebih mendalam, kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Dalam sejumlah ayat Al-Quran terdapat banyak fakta ilmiah yang oleh kalangan Ilmuwan baru dapat ditemukan dengan teknologi belakangan ini,” tambahnya.

Melalui fakta tersebut, gubernur mengajak masyarakat untuk merenungkan kembali betapa besar rahmat yang diberikan Allah SWT kepada umat Islam.

“Betapa bahagianya kita ditakdirkan di Aceh yang memiliki keistimewaan dalam Syariat Islam. Kalau saja makna Al-Quran itu kita pahami dengan baik, maka kami yakin kesejahteraan Aceh akan tercapai,” ujar dia.

Oleh karena itu, seluruh masyarakat muslim Aceh mesti menjadikan Al-Quran sebagai pijakan hidup melalui pengajaran secara mendalam tentang Al-Quran kepada seluruh siswa sejak SD sampai SMU di provinsi berjuluk Serambi Mekah ini.[antara]

2 Comments leave one →
  1. lowonganker99 permalink
    21 October, 2008 21:03

    Assalamu’alaikum, wr wb,
    sebelumnya saya cukup senang dengan blog kamu, isinya bagus, dan karyanya menarik dan dinamis, dan bermanfaat. oleh karena itu saya lagi coba bekarya melalui blog saya, terima kasih teman..
    salam kenal saya buat semua komunitas blogger dan pecinta dunia internet, dan semua teman yang ada di alam dunia manya ini dan pengunjung semuanya, semoga kita sama sama dapat membangun Aceh untuk lebih maju baik dari metalitaskah atau dari berbagai sisi lain dengan memberikan sedikit ilmu dan waktu kita untuk orang orang yang sangat membutuhkan uluruan tanga kita diluar sana yang tiap hari mengakses dunia manya, salam buta semua teman yang telah membantu saya dalam mengenal blogging.
    semoga ini menjadi tali persaudaraan diantara kita untuk mejadikan ukhwah saling tukar informasi, komunikasi, pengetahuan, pengalaman dan wawasan dalam membangun pribadi yang baik untuk saling keterbukaan rasisi positif terhadap suatu peroalan generasi kedepan serta dapat menjalin persaudaraan dengan penuh warahmah.
    Bagi yang mau bantu menyebarkan informasi lowongan kerja, baik buat teman, saudara maupun komunitas anak internet, maupun personality.
    kunjungi blog gue di
    http://lowonganker99.wordpress.com
    Terima kasih, salam kenal buat semuanya..!!
    By, Computer

  2. Abdullah permalink
    22 October, 2008 04:10

    Assalamu’alaikum.

    Tidak ada yang salah dengan Fundamentalis karena makna fundamentalis justru berpegang teguh pada prinsip2 Islam, mudah2an yang beliau maksudkan islam di Aceh bukan teroris.
    Justru Rasulullaah diutus ALLAH untuk mendidik ummatnya agar berpegang teguh pada dasar prinsip2 Islam (Fundamentalis).
    Yang jutru peoblem dan harus kita perbaiki bersama adalah mereka yang mengaku Islam tetapi malah menentang konsep prinsip2 dari Islam, yaitu golongan para munafiq, semoga ALLAAH menyelamatkan kita dari sifat seperti ini.
    ALLAHU’ALAM

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: