Skip to content

Olimpiade Sains Nasional PTN

3 November, 2008

OSN 2008

Universitas Indonesia menggelar pembukaan Olimpiade sains Nasional tingkat Perguruan Tinggi se-Indonesia (OSN-PTI). Mengusung tema ‘Mempersiapkan Generasi Indonesia Berprestasi’, OSN-PTI akan diikuti sekira 3000 mahasiswa dari 38 PTN dan 21 PTS di 31 propinsi.

“Olimpiade Sains Tingkat Perguruan Tinggi ini merupakan yang kali pertama dilaksanakan di Indonesia, Para peserta secara serentak akan mengikuti ujian bidang Matematika, Fisika dan Kimia di perguruan tinggi negeri mitra panitia,” kata Deputi Director Corporate Comunication UI, Devie Rahmawati dalam keterangan tertulis, Senin (3/11/2008).

Menurut Devie OSN-PTI bertujuan untuk menjaring mahasiswa yang memiliki penguasaan sains secara komprehensif serta membangun kesadaran pentingnya berprestasi bagi generasi muda untuk kepentingan bangsa dan negara. Selain itu, kegiatan ini diharapkan mampu mempersiapkan perwakilan mahasiswa Indonesia dalam kompetisi sains internasional.

Kegiatan OSN-PTI rencananya akan dibuka oleh Dirjen DIKTI, Fasli Jalal dan dihadiri Direktur Utama PT Pertamina, dan Rektor dari beberapa PTN seperti, IPB, UNJ dan UIN.

“Pembukaan di Depok tersebut sekaligus, menandai dimulainya proses seleksi awal peserta olimpiade dari seluruh Indonesia,” kata Devie. Untuk wilayah Jabodetabek, ujian akan dilangsungkan di Fakultas MIPA UI ?” Depok, dengan jumlah peserta 250 mahasiswa. Ujian berbentuk pilihan ganda akan berlangsung selama dua jam yaitu pada pukul 10.00 hingga 12.00 WIB.

Devie menambahkan, Kompetisi ini tidak berlaku bagi mahasiswa yang pernah mengikuti olimpiade sains mahasiswa tingkat Internasional. Para mahasiswa yang berhak mengikuti kompetisi ini adalah mahasiswa Strata 1 PTN/PTS se-Indonesia, yang masih aktif kuliah dan dibuktikan dengan kartu mahasiswa serta surat pengantar dari ketua Jurusan/Dekan/Rektor.

Pengumuman hasil seleksi daerah dilakukan pada tanggal 06 November 2008 melalui website MIPA UI. Para finalis yang lolos akan mengikuti seleksi pusat di Universitas Indonesia, Depok pada 5-9 Desember mendatang. Pemenang OSN-PTI 2008 akan diumumkan pada 10 Desember 2008 di Jakarta, bertepatan dengan hari ulang tahun pertamina.

“Para pemenang OSN ?” PTI 2008 akan mendapatkan total hadiah beasiswa sebesar Rp. 135 juta,” ujar Devie. ♦ okezone

2 Comments leave one →
  1. Ryki permalink
    8 April, 2009 18:03

    Olympiade SAiNS,kok hanya fisika,kimia,dan matematika aja sih?
    Kok biologi gak?
    At0 biologi t gak trmsuk SAiNs?

  2. 1 January, 2010 10:49

    iyy.. btul.
    kok, gk ad biologi?

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: