Skip to content

Tender Dinas Pendidikan Aceh

5 November, 2008

Proses tender 180 proyek fisik yang didanai APBA 2008 senilai ratusan miliaran rupiah di Dinas Pendidikan Aceh sarat ‘permainan’. Beberapa oknum pejabat di dinas tersebut disinyalir ‘main mata’ dengan para kontraktor dengan meraup fee 2 hingga 5 persen dari nilai proyek.

Menurut sumber Harian Aceh di lingkungan Dinas Pendidikan Aceh, kasus ini terjadi pada awal-awal proses tender 810 proyek fisik sektor pendidikan. Saat itu, Kepala Dinas Pendidikan Mohd Ilyas melalui sekretarisnya, Rajab Marwan melakukan lobi dengan sejumlah kontraktor guna memenangkan tender proyek. Syaratnya, para rekanan harus menyetorkan fee (komisi) di muka sebesar 2-5 persen dari nilai proyek untuk memuluskan pemenangan tender proyek.

Sejumlah perusahaan rekanan yang mengikuti tender proyek-proyek tersebut kemudian menyerahkan uang fee proyek kepada Agustami, sekretaris panitia tender proyek fisik di Dinas Pendidikan Aceh.

“Namun, sewaktu pengumuman ada sejumlah perusahaan rekanan yang sudah menyerahkan uang tetapi tidak memenangkan tender. Para kontraktor ini marah dan minta uang dikembalikan,” sebut sumber tersebut.

Untuk mencegah bocornya permasalahan ini kepada publik dan media, lanjut dia, para pejabat Dinas Pendidikan kemudian sepakat mengembalikan uang tersebut kepada para kontraktor dengan tempat di Balai Pelatihan Guru (BPG) Lamlagang, Banda Aceh. Total dana yang dikembalikan mencapai Rp70 juta lebih.

“Pengembalian berlangsung tiga hari, 16-18 Oktober secara tertutup di dalam gedung BPG. Penyerahan langsung dilakukan oleh Agustami, namun hingga kini ada kontraktor yang belum dikembalikan dananya,” ungkapnya.

Disinyalir, dari fee proyek fisik tersebut para ‘pemain’ di Dinas Pendidikan Aceh meraup dana miliaran rupiah. Aksi ini tidak terhembus keluar karena banyak pejabat di dinas tersebut ikut menikmati dana haram yang bersumber dari pihak perusahaan rekanan.

Pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh menyatakan akan menindaklanjuti temuan penyimpangan tersebut. “Kami akan menindaklanjuti temuan ini. Kalau ada indikasi (penyelewengan) akan mengusut tuntas,” kata Ali Rahab Lubis, Kasi Penerangan Hukum (Pekum) Kejati Aceh, Selasa (4/11).

Membantah

Sementara itu, Sekretaris Panitia Tender Proyek Fisik Dinas Pendidikan Aceh, Agustami, membantah tudingan itu. Menurutnya, proses tender proyek-proyek itu dilakukan Keputusan Presiden (Kepres) yang berlaku. “Ini tidak benar. Ini ulah kontraktor yang kalah tender. Kalau mereka punya bukti silakan ajukan ke penegakan hukum untuk diproses lebih lanjut,” tegasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Aceh Mohd. Ilyas dan sekretarisnya, Raja Marwan tidak berhasil dihubungi. Karena, nomor ponsel yang biasa digunakan kedua pejabat tersebut sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan. ♦ ha

5 Comments leave one →
  1. 17 November, 2008 22:19

    Rapor merah bagi Kepala Dinas Pendidikan Aceh

    Salam

    Tabrani Yunis

  2. J.Mtg permalink
    24 November, 2008 21:12

    Jangan yang phisik aja disoroti…..yang pengadaan barang juga, bagaimana..??
    Banyak rekanan yang ngak mau kerja….harga barang sekarang melampau..pagu kontrak…karena pengumuman lelang terlalu lama….sehingga dolar labih cepat melalaju dari pada pengumuman lelalng itu sendiri , masak..pemgumuman nya..hampir 2 bulan…
    Bagaimana nasib…proyeknya Pak..waktu tinggal 1 bulan lagi……??? Kata mentri luncuran tidak di setujui……ooh..nasib ya nasib…………………………………………………

  3. irwan adaby permalink
    12 December, 2008 11:17

    kapan pendidikan aceh bisa maju kalau karakter aparatnya seperti ini……?

    itulah yang perlu dilihat kembali oleh pemerintah Aceh

  4. dirly agara permalink
    8 June, 2009 22:07

    setuju semuanya………….

  5. 9 June, 2009 19:42

    dan sepertinya Dinas Pendidikan NAD dalam waktu dekat ni bermasalah terus kayaknya.

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: