Skip to content

Linux dan Opensource

8 November, 2008

Hmm, linux apa ya?? susah ngga ya? Bagus nggak ya?

Sejarahnya
Tak kenal maka tak sayang, begitulah kata nenek-nenek kita dulu. Sebenarnya, siapakah linux itu?

Yah, linux itu adalah sebuah sistem operasi opensource gratis yang dikembangkan oleh teman kita, yang pada waktu itu juga seorang mahasiswa juga di Finlandia, yang bernama Linus Torvalds. Pada waktu itu, sistem operasi yang tersedia masih banyak yang besifat proprietary.

Artinya seseorang yang ingin memilikinya harus membayar. Dan harganya pun tidak murah, bahkan mencapai ratusan dollar. Sedangkan sebuah OS itu adalah ‘nyawa’ dari sebuah hardware. Karena tanpanya, sebuah PC hanyalah sekotak besi yang tak berguna. Sedangkan PC adalah sebuah alat yang sangat penting dan tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Dari sanalah, kemudian mengimpikan sebuah sistem operasi ideal yang gratis, terbuka, dan tentunya memiliki peforma yang bagus.

Dari mimpi kecilnya itulah kemudian ia mulai mencoba-coba membangun sebuah sistem operasi kecil yang waktu itu ia sendiri tidak pernah menyangka bahwa sistem kecil buatannya itu akan menjadi besar.

Ia tak menyangka bahwa sistem operasi yang dinamainya Linux itu kemudian menjadi kunci pembuka pintu peradaban Opensource.

Opensource?
Linux sendiri adalah sebuah sistem operasi yang bersifat open source. Artinya, ia tak hanya gratis, akan tetapi lebih dari itu, ia juga membuka sourcecode-nya.

Bagi yang belum paham apa itu source (code), kira-kira analoginya seperti ini: jika software itu adalah sebuah makanan, maka source itu adalah resepnya.

Anda tentu tidak dapat membuat sebuah makanan dengan hanya memiliki makanan tersebut (kecuali jika makanan itu hanyalah sebuah tempe goreng) akan tetapi jika anda mempunyai resepnya, maka anda akan bisa membuatnya kembali, memodifikasinya, menambah, menguranginya, apapun kemauan anda.🙂

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: