Skip to content

Melancong ke FK Sumatera

10 December, 2008

Oleh Evanrama*

Untuk jurusan yg satu ini tidak pernah sepi dari peminat, selalu di atas angka ribuan dimanapun PTN-nya baik di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi dan daerah lainnya.Ya, Fakultas Kedokteran alias FK selalu menjadi primadona, kebetulan saya berdomisili di Sumatera, saya akan memberi sedikit informasi tentang grade FK Se- Sumatera.

Nama Universitas/Akreditasi
1. USU/A
2. UNSRI/A
3. UNAND/A
4. UNSYIAH/B
5. UNILA/B
6. UNRI/B
7. Univ. Jambi/baru di buka tahun 2008
8. Univ. Bengkulu/rencana dibuka tahun 2009
sumber: dikti.org/ban

Untuk FK di Pulau Sumatera ada istimewanya dari fk di Pulau Jawa selain Akreditasi yang sama-sama A, sama-sama memilki mahasiswa asing (dari malaysia) juga biaya kuliah yang tidak semahal di Jawa selain itu lebih dituntut untuk bersosialisasi dengan lingkungan, hitung-hitung belajar sedari dini agak tidak menjadi canggung lagi saat PTT di daerah-daerah nantinya.

FK apaan sich? sebenarnya ada apa dengan FK, mari telusuri kata demi kata di bawah ini. Dari mana asal kata kedokteran? Kedokteran atau yang dalam bahasa Inggris disebut medicine berasal dari kata medicus yang berarti dokter. Dokter berasal dari bahasa latin docere yang berarti yang mengabarkan, yang memberitakan atau guru.

Pengertian kedokteran?
Ilmu kedokteran adalah ilmu di mana kita akan banyak mempelajari tentang cara-cara mendiagnosis (analisa yang menghasilkan kesimpulan tentang penyakit yang diderita pasien) dan mengobati penyakit serta cara-cara mencegahnya.

Apa sih peran teknologi terhadap kedokteran?
Dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat, maka perkembangan kedokteran meningkat sangat pesat, karena prioritasnya akan berubah menjadi usaha pencegahan bukan lagi pengobatan.

Apa sih tugas utama seorang dokter?
Mendidik manusia lain supaya sehat dan memberitahukan jenis penyakit (diagnosis) yang diderita seseorang.

Ilmu dasar apa yang dipelajari dalam kedokteran?
Anatomi, ilmu mempelajari struktur tubuh manusia yang bisa dilihat dengan mata telanjang sampai sedetail-detailnya.

Biokimia, ilmu yang mempelajari tingkat molekuler dalam tubuh. Disini kita mempelajari molekul-molekul atom dan atom saling berinteeraksi melalui reaksi kimia, sehingga tubuh kita dapat berfungsi dan bertahan.

Biologi sel dan molekuler, ilmu yang membawa kita lebih jauh melihat bagaimana unit terkecil kehidupan tubuh kita. Termasuk belajar tentang kekebalan/imun tubuh.

Genetika, disini kita akan mempelajari bagaimana pewarisan sifat orang tua kepada anaknya mulai dari level molekuler (DNA, RNA, protein, dan kromosom) hingga level manusia seluruhnya.

Fisiologi, Fisiologi mengungkapkan bagaimana sesungguhnya tubuh kita bekerja dan bagaimana mekanismenya, sehingga kita bisa melihat, bicara, berlari, punya perasaan takut dan hal-hal lain yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

Ilmu-ilmu perilaku, ilmu yang mencakup ilmu jiwa serta ilmu sosial lainnya bertujuan untuk mengembangkan diri seorang dokter supaya mampu menerapkan ilmunya secara holistik.

Etika atau tingkah laku atau cara bersikap seorang dokter, yaitu untuk menghindari pelanggaran yang telah menjadi kode etik seorang dokter, seiring dengan meningkatnya aplikasi ilmu kedokteran terutama menyangkut hal-hal seperti hidup dan mati, maka diperlukan suatu petunjuk atau arahan sikap bagi dokter agar dalam mempraktikan keahliannya dia tetap beretika.

Karier dan Dunia Nyata!

Kalu bicara tentang karir dari ilmu keokteran, maka kamu pasti akan membayangkan adalah jadi dokter rumah sakit, dokter praktik, dsb. Hal itu tidak salah, tetapi sebenarnya profesi dokter itu ditentukan oleh bidang yang digelutinya atau dikuasainya.

Dokter/Kedokteran Masyarakat

Seorang dokter menangani wabah, penyuluhan kesehatan, program-program kesehatan nasional, pengumpulan data statistik tentang kesehatan masyarakat, manajemen rumah sakit, asuransi kesehatan, dsb Profesi ini membutuhkan ketelatenan karena merupakan ujung tombak dalam mengupayakan kesehatan masyarakat.

Dokter Umum

Dokter yang tugasnya memeriksa pasien dan memberi obat kepada pasien, seorang dokter umum dapat membuka praktik sendiri atau membuka praktik di rumah sakit.

Dokter Peneliti

Dokter peneliti bertugas mengadakan suatu eksperimen di laboratorium yang menemukan obat-obatan baru maupun teknologi yang membantu dalam mendiagnosa dan terapi medis.

Bidang lainnya

Masih banyak profesi yang bisa dilakukan oleh dokter, misalnya menjadi dosen, manajer rumah sakit, pegawai kesehatan (Depkes), dan lain-lain.

PTT (Praktik Tidak Tetap)

Umumnya, bagi seorang yang telah mendapat gelar dokter berhak mengajukan diri untuk menjadi dokter PTT yang bisa ditempatkan di mana saja di Indonesia. Masa PTT berkisar 3 tahun. Setelah itu, dokter bebas membuka praktik umum atau menjadi dokter di klinik atau rumah sakit negeri maupun swasta. Seorang dokter bisa mengambil pendidikan lanjutan apakah itu S2 dan S3 maupun Program Pendidikan Spesialis I (PPDSI) dan PPDS2.

Spesialisasi yang diambil tergantung minat dan kemampuan untuk mengambil PPDSI seorang dokter harus lulus tes PPDS. Apabila diterima, maka dokter tersebut akan menjadi residen. Residen adalah dokter yang menjalani pendidikan untuk menjadi dokter spesialis.

*) Mahasiswa dan Admin situs Unofficial Site’s Sriwijaya University

5 Comments leave one →
  1. dita permalink
    13 December, 2008 20:51

    Thanks banget ya, infonya berguna untuk referensi bg yg mo SNMPTN nanti

    sama-sama dita

  2. kms fathullah permalink
    18 December, 2008 12:36

    Ass. kapan spmb akan dilaksanakan ?

    kita belum dapat berita juga tentang spmb alias SNMPTN tahun 2009

  3. rianda permalink
    24 December, 2008 21:16

    memang sumatera sebenarnya tidak kalah kualitas dengan di jakarta, dsbnya .cuma di jawa sdh punya nama

  4. intan permalink
    27 December, 2008 08:20

    FK hmmm…gw mo banget ! tunggu aqu tahun ini ya ^_^

  5. 13 March, 2009 11:02

    Mas/mba,td sy bc ktnya fk disumatera lbh murah dari fk dijawa,kalo sy bole tau itu referensi perbndingan dari fk mana?Krn setau sy fk unair merup fk termurah se indönesia

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: