Skip to content

Memperingati 4 Tahun Tsunami Aceh

26 December, 2008

Ribuan warga Banda Aceh dan Aceh Besar, Nangroe Aceh Darussalam, mengikuti zikir dan doa mengenang peristiwa tsunami 26 Desember 2004. Zikir dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Nangroe Aceh Darussalam, Kamis (26/12).

Ribuan peserta zikir, yang datang dari Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, terlihat tak kuasa menahan kesedihan saat membacakan zikir dan doa, bagi seluruh korban tragedi tsunami. Sebagian besar ibu-ibu yang ikut dalam kegiatan ini tak kuasa menahan tangis.

Zikir dan doa ditujukan bagi seluruh korban musibah gempa dan tsunami, yang melanda Aceh tahun 2004 atau persis 4 tahun lalu. Zikir dan doa dipimpin Ustazd Arifin Ilham. Dalam ceramahnya, Arifin Ilham minta masyarakat yang selamat dari musibah tsunami, mengirimkan doa dan tidak larut dalam kesedihan.¹

Kibarkan Bendera Setengah Tiang
Untuk memperingati empat tahun bencana tsunami, warga di Provinsi NAD dihimbau untuk mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang selama tiga hari, mulai Kamis hingga Sabtu.

Pengibaran bendera itu sesuai dengan instruksi Gubernur Irwandi Yusuf Nomor 360/47081/2008 Tanggal 17 Desember 2008. Seruan itu juga berlaku bagi semua instansi maupun kantor pemerintahan, pemilik toko, dan fasilitas umum lainnya.

Peringatan puncak empat tahun bencana tsunami sendiri dipusatkan di Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat. Dipilihnya Aceh Barat sebagai lokasi peringatan karena kabupaten tersebut merupakan salah satu daerah terparah terkena dampak tsunami.

Acara peringatan tersebut dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur NAD beserta ribuan warga dipusatkan di Ujong Kareung dan Masjid Agung Kota Meulaboh, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. Peringatan diisi dengan sejumlah kegiatan di antaranya renungan, zikir, selawat badar, dan tausiyah.²

[1] Metronews.com
[2] Kompas.com
No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: