Skip to content

Buku Sejarah Aceh Diluncurkan

30 December, 2008

Buku sejarah Aceh yang menceritakan tentang perkembangan masa kejayaan kerajaan Islam pada abad ke-12 sampai terjadinya musibah tsunami diluncurkan di Banda Aceh, Selasa.

Buku yang terdiri dari lima jilid tersebut secara resmi diluncurkan oleh Gubernur Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Irwandi Yusuf yang diwakili Asisten-III Setwilprov NAD, Bakhtiar.

Peluncuran buku tersebut dihadiri mantan Penjabat Gubernur NAD, Mustafa Abubakar, yang merupakan penggagas penulisan buku itu dan konsultan editor, Bakhtiar Ali.

Kelima jilid buku tersebut masing-masing berjudul Aceh Serambi Mekkah, Aceh Bumi Iskandar Muda, Aceh Bumi Srikandi, Aceh Tanah Rencong, dan Tsunami Aceh.

Gubernur Irwandi Yusuf dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten-III menyatakan, Aceh merupakan daerah yang menciptakan sejarah yang unik, mulai dari yang klasik sampai kontemporer.

Sejarah klasik telah terjadi pada abad-12 yang saat itu Aceh sudah dikenal oleh pelaut legendaris, seperti Marco Polo dan Laksamana Cheng Ho.

“Pada waktu itu, Aceh merupakan daerah singgahan bagi para pelaut sebelum melanjutkan perjalanan, sehingga daerah ini dikenal sampai ke seluruh penjuru dunia,” ujarnya.

Ide pembuatan buku tersebut mengingat banyak sekali bukti sejarah Aceh, berupa manuskrip dan bukti lainnya yang musnah dibawa tsunami 26 Desember 2004.

Masih ada tiga buku lagi yang belum selesai, yakni Aceh Daerah modal, Budaya Aceh, dan Aceh dari Konflik ke Damai. ♦ antara

Share/Save/Bookmark

One Comment leave one →
  1. zubir permalink
    19 January, 2010 22:32

    mana contoh bukunya tlong di tunjukin donk…

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: