Skip to content

Intelektual Aceh Harus Dirangsang Menulis

31 December, 2008

Kaum intelektual Aceh harus mendapat rangsangan dari berbagai pihak untuk bisa menulis buku-buku mengenai kondisi aktual kemasyarakatan di wilayah ini. Akibatnya, kodifikasi sejarah, adat istiadat serta kondisi sosial, politik dan ekonomi tentang masyarakat dan wilayah Aceh masih sangat kurang.

Demikian dikatakan penggagas penerbitan buku-buku mengenai Aceh, Mustafa Abubakar, ketika dihubungi dari Medan, Selasa (30/12), sesaat sebelum peluncuran lima buku mengenai Aceh di Banda Aceh.

Kelima jilid buku yang diluncurkan pada akhir tahun 2008 berjudul Aceh Serambi Mekkah, Aceh Bumi Iskandar Muda, Aceh Bumi Srikandi, Aceh Tanah Rencong, dan Tsunami Aceh. Tiga buku lagi yang direncanakan diluncurkan bersamaan dengan kelima buku lainnya sampai saat ini belum selesai pengerjaannya. Ketiga buku yang belum selesai itu di antaranya Aceh Daerah Modal, Aceh dari Konflik ke Damai, dan Budaya Aceh.

”Diharapkan buku itu selesai dan bisa diluncurkan pada tahun 2009,” kata Mustafa.

Lebih lanjut Mustafa menjelaskan, selama berlangsungnya masa konflik, kaum intelektual Aceh sangat jarang menuliskan buku mengenai nilai-nilai inti dari masyarakat Aceh. Selama ini, menurut dia, banyak masyarakat luar dari wilayah Aceh sangat bangga dan mengagumi heroisme dan budaya-budaya yang ada di Aceh. Namun, di sisi lain, masyarakat Aceh yang tinggal di Aceh tidak membukukan hal-hal yang membanggakan tersebut.

”Sejarah Aceh hanya dikenal dari lisan saja. Tradisi tulis menulis belum banyak dikenal oleh kaum intelektual Aceh,” kata Mustafa.

Ia menuturkan, penelitian mendetail mengenai sejarah, budaya, dan politik Aceh selama ini dilakukan peneliti dari luar Aceh, seperti dari Belanda atau Turki. Tidak heran, banyak manuskrip-manuskrip milik rakyat Aceh berada di kedua perpustakaan negara tersebut. ♦ kompas

Share/Save/Bookmark

One Comment leave one →
  1. 15 January, 2009 01:03

    Ayo kaum intelektual, menulislah…
    Aceh Blogger Community siap menampung tulisan kalian semua (mode on: promosi)

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: