Skip to content

UI Prakarsai Program Pengembangan SDM Daerah

8 January, 2009

Pendidikan merupakan hak seluruh warga negara sebagaimana yang telah tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945. Sayangnya, tidak semua orang dapat mengenyam pendidikan, terutama untuk tingkat perguruan tinggi. Mahalnya biaya pendidikan memang kenyataan yang tidak terelakan karena pendidikan membutuhkan sarana dan prasarana.

Meski menghadapi persolan yang pelik pendidikan tetap menjadi perhatian semua pihak. Program kerja sama daerah dan industri (KSDI) yang diprakasai oleh Universitas Indonesia (UI) merupakan wujud nyata pengabdian untuk membantu peningkatan kapasitas daerah dengan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, profesional dan kompeten untuk membangun daerah.

Otonomi daerah juga menjadi salah satu pertimbangan UI, agar pemerintah daerah memiliki sumber daya manusia yang kembali ke daerah. Rektor UI, Gumilar Rusliwa Somantri mengatakan program ini mendorong putra daerah untuk kembali dan mengembangkan tempat asalnya.

“Kami mendorong agar mereka mau kembali ke daerah. Jangan sampai terjadi penumpukan SDM di Jakarta,” ungkap Gumilar pada pers usai penandatanganan MoU KSDI dengan para pimpinan daerah di Balai Sidang UI, Depok, Selasa (6/1).

UI menyeleksi putra daerah secara ketat agar mereka yang mendapatkan pendidikan di UI dapat sungguh-sungguh mengenyam pendidikan dan siap mengembangkan daerah. Program KSDI ini dibatasi hanya untuk calon mahasiswa yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Bali.

“Kedua kawasan ini relatif mapan, sehingga mereka bisa bersaing secara bebas dengan proses penerimaan mahsiswa yang sudah ada,” imbuh Gumilar.

Berangkat dari pengalaman banyaknya mahasiswa daerah yang mengenyam pendidikan di luar Jawa dan enggan untuk mengamalkan ilmunya di tempat asal maka program ini memagarinya dengan perjanjian hukum. Tujuan utamanya adalah agar daerah memilki pasokan tenaga ahli.

Semangat memajukan Indonesia tidak hanya ada di Ibu kota tapi juga di daerah. Bahkan banyak pratisi pendidikan, melihat semangat anak daerah lebih besar ketimbang anak kota.

Tentunya untuk mencapai SDM daerah yang berkualitas masalah pendidikan menjadi tanggung jawab semua pihak, agar daerah dapat menvetak pemimpin yang mampu, mandiri, produktif, dan profesional bagi kesejahteraan masyarakat daerah dan bangsa Indonesia. ♦ republika

Share/Save/Bookmark

One Comment leave one →
  1. 8 January, 2009 12:42

    Jangan semua menumpuk di Jakarta….
    Pulang dan majukan daerah….

    bener itu, semoga semua PTN bisa melihat peluang itu ada di daerah

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: