Skip to content

Hasil UN Bisa Dipakai Untuk Standar Masuk PTN

12 January, 2009

Hasil Ujian Nasional (UN) bisa dipakai sebagai standar bagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk menerima siswa SMA dengan melihat kemampuan akademiknya. Hal itu tertuang dalam Peraturan pemerintah (PP) 19 tahun 2006 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 68.

Demikian dikatakan Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Mungin Eddy Wibowo dalam konferensi pers di Gedung Depdiknas, Jakarta, Senin (12/1).

“Dalam pasal itu, dijelaskan hasil UN dijadikan salah satu dasar seleksi untuk pendidikan yang lebih tinggi dengan instrumen materi pendidikan yang tak boleh sama dengan yang diujikan di UN,” tutur Mungin.

Ditambahkannya, materi ujian yang dimaksud dapat berupa tes bakal skolastik, tes minat. “Yang penting selain tes materi akademik yang diujikan UN, karena kalau menjaring mahasiswa baru dengan materi akademik yang sama kan tak ada artinya,” katanya.

Menurut Mungin, keterlibatan perguruan tinggi dalam penyelenggaraan UN di SMS/MA tujuannya memang untuk dapat melakukan seleksi sekaligus dalam penerimaan mahasiswa baru. “Karena itu mulau dari pengawasan pendistribusian dan pemindaian dilakukan oleh Perguruan Tinggi demi obyektivitas juga,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Mungin juga menjelaskan besaran total dana untuk pelaksanaan UN mencapai Rp 376 miliar. Rinciannya, untuk pelaksanaan UASBN di SD/MI/SD Luar Biasa mencapai Rp 56 miliar, SMP/ MTs/ SMP Luar Biasa sebesar Rp 200 miliar dan SMA/MA/SMK sebesar Rp 200 miliar.

Seperti diketahui, pelaksanaan UN 2008/2009 untuk tingkat SD dan sederajat (UASBN) didasarkan pada Peraturan Menteri pendidikan Nasional (permendiknas) No 82 tahun 2008. Untuk SMP/MTs/MP Luar Biasa, SMA Luar Biasa dan SMK didasarkan pada Permendiknas No 78 tahun 2008. Sedangkan untuk pelaksanaan UN SMA/MA didasarkan pada Permendiknas No 77 tahun 2008. ♦ kompas

Share/Save/Bookmark

2 Comments leave one →
  1. 2 December, 2009 12:55

    nilai min.standar dr un buat masuk ui brp yaa ?thx

    • 2 December, 2009 17:29

      sepertinya UI tidak memperhitung nilai UN deh🙂

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: