Skip to content

Dilema CPNSD Bireuen

30 January, 2009

Siang masih menjengat dikepala, suasana gerah dari sesaknya aktifitas mahasiswa yang hulu lalang di jalan Al-Muslim membuat tenggorakan ingin menegak air putih dan langsung bisa cles ke tenggorokan. Lalu, titik lemah pembicaraan muncul dari seonggokan mulut yang mengatakan CPNS.

Ada apa gerangan dengan CPNSD Kabupaten Bireuen, tepatnya hari Rabu tanggal 19 November 2008 yang silam pengumuman untuk calon Pegawai Negeri Sipil Daerah Bireuen terbit di koran.

Berhubung proses lamaran dimulai sehari setelah pengumuman dikoran pada tanggal 20 November 2008 sampai dengan 2 Desember 2008. Otomatis para peminat bak jamur setelah musim hujan membludak, inilah realitas para putra daerah untuk mengadu nasib alias keberuntungan dalam mencapai hidup yang layak nantinya.

Diperkirakan lebih dari 5000 orang mendaftarkan diri untuk mengabdi bagi negeri di kota kecil Bireuen yang dikenal dengan ‘Kota Juang’. Betapa banyak hasil keuntungan para tukang/jasa pengetikan untuk membuat lamaran, map yang berwarna-warni serta Curiculum Vitae yang panjang lebar ikut menjadi santapan sakral untuk panitia seleksi nanti.

Hari terus berjalan dan tiba saatnya untuk mengikuti ‘formalitas’ ujian sebagai abdi negara calon PNS pada tanggal 16 Desember 2008. Kadang ada yang merasa jantungnya yang dag dig dug saat mengikuti ujian, kadang juga ada santai saja dan bahkan ada juga asal-asalan sebagai pelengkap penderita untuk menemani teman saja disaat ujian berlangsung atau memang pengangguran yang butuh akan sesuap nasi untuk kehidupan sehari-hari, pokoknya bercampurlah jadi satu.

Haba-haba
Isu yang beredar pun mencuat saat para CPNSD’ers memberikan kabar, bahwa panitia seleksi mengumumkan hasil ujian dapat diperoleh 3 minggu kemudian. Anda tentu tahukan, hasil apa yang di dapat oleh para penunggu nikmat surgawi ini? NIHIL. Tahun pun berganti di dunia, bahkan di Bireuen juga ikut berganti dengan semangat yang tetap para CPNSD’ers ikut merasakannya bersama untuk menunggu pengumuman yang belum ada kejelasan ini.

Ada yang keluar dari LSM/NGO untuk mengadu di tes tersebut, ada juga yang jadi dosen honorer juga memperebutkan 300 formasi yang ditawarkan dalam tes tersebut. S1, S2 bahkan para dosen yang lama terhonorkan juga ikut ambil bagian.

Helaan nafas panjang terdengar diberbagai prosesi aktifitas manusia di Bireuen yang semakin panas ini, “pajan pengumuman PNS Bireuen? (kapan pengumuman PNS Bireuen)”, keluh seorang ibu yang anaknya termasuk ‘korban’ dari sayembara hoki-hokian pemerintah daerah tersebut.

Tambahnya lagi si ibu tersebut, “di Medan ka barosa sare pengumuman, Bireuen pu jie preh lom (di Medan sudah dari kemarin pengumuman, Bireuen tunggu apa lagi)”, begitulah tandasnya saat berbincang-bincang disela-sela menghadiri acara aqiqah di kawasan Sagoe kampungnya Pak Gubernur kita.

Tak dapat dielakkan, dugaan dengan berbagai sinis juga turut memperamai isu dari pengumuman CPNSD Bireuen ini. Kadang panitia sedang menunggu ‘uang masuk’ dulu dari orang-orang (bukan orang-orangan), mungkin setelah proses peng tameng sudah banyak baru diumumkan ke publik.

Jadi, kalau dikatakan sedang disaring dengan ketat oleh panitia untuk para calon, anda harus sabar. Butuh penyaring atau filter yang bagus karena penyaringan yang dibutuhkan juga kadang masih terselubung dengan lembaran-lembaran kertas yang bernilai harganya, siapa tahu saja lembaran tersebut untuk membeli saringan atau membetulkan ‘saring’ yang bocor tahun lalu, bisa saja kan.

Setelah semua terkumpul dan tinggal beberapa lagi sisa, mungkin disitulah keberuntungan anda untuk bisa masuk dalam saringan tersebut. Semoga doa anda bisa menjadi mujarab di jaman yang penuh kesemerautan ini.

Menyoe dikalon peng, ijoe mata ih. Tak dapat dielak namanya juga manusia, kesalahan ada dibagiannya masing-masing dan tidak lepas dari peran seorang pemimpin dalam bagian itu juga. Jika dia kuat dan kuasa, barang yang batil tentu bisa dicegah namun jika kenyataaan mengatakan yang sebaliknya. Apa kata dunia…!

NB: jangan pernah kau coba untuk berubah jadi PNS (disadur secara sah dari lagu ST12)

Share/Save/Bookmark

2 Comments leave one →
  1. andespa permalink
    10 February, 2009 22:02

    HEHEHE… RAME YA

  2. 12 February, 2009 17:44

    rame apanya bung andespa? peminat ya?

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: