Skip to content

UI Wakili RI di Konferensi Simulasi Sidang PBB

10 February, 2009

Universitas Indonesia melepas kepergian delegasi untuk Republik Indonesia yang akan berlaga pada konferensi simulasi sidang Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), hari ini.

Deputy Director Corporate Communications UI Devie Rahmawati menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan pada 12 hingga 15 Februari 2009 di Boston, Amerika Serikat. Kegiatan Harvard National Model United Nations (HNMUN) ini akan dihadiri oleh lebih dari 3.000 mahasiswa dari seluruh dunia.

Delegasi yang dikirmkan telah melalui serangkaian seleksi dari seluruh fakultas di UI. Kesembilan mahasiswa tersebut ialah Willy Limiady (FISIP), Ardhitya Yeremia (FISIP), Natalia Rialucky (FISIP), Muchdlir Zauhariy (FE), Dyota Marsudi (FE), Nunung Melinda (FPSI), David Imanuel (FT), Priscilla Manurung (FH) dan Aldilla Suwana (FH).

Para mahasiswa terpilih ini telah mempersiapkan berbagai materi yang mungkin akan dikupas dalam konferensi. Berbagai penelitian dan pelatihan diplomasi telah dilakukan sebagai persiapan. Pemahaman isu serta karakteristik negara yang akan direpresentasikan merupakan kunci utama untuk dapat mengikuti koferensi tersebut dengan optimal.

Konferensi tahunan ini diselenggarakan oleh Universitas Harvard (universitas nomor satu di dunia) untuk yang ke-55 kalinya. Setiap delegasi akan merepresentasikan sebuah negara dalam komisi-komisi yang ada di PBB.

Beragam topik diskusi dan proposal resolusi akan dibicarakan dalam tiap sidang. Mulai dari perumusan resolusi konflik minyak di Afrika hingga masalah pemberdayaan wanita di dunia, akan menjadi agenda utama bagi para delegasi.

HNMUN merupakan salah satu konferensi dengan reputasi yang tinggi di kalangan mahasiswa internasional. Banyak delegasi yang telah mempersiapkan konferensi ini selama satu tahun sebelumnya.

Konferensi ini akan menguji kemampuan diplomasi, lobbying dan pengetahuan delegasi mengenai dunia internasional. Mahasiswa UI merupakan satu-satunya wakil dari Indonesia yang mendapat undangan khusus untuk berpartisipasi semenjak 2008 lalu.

Dalam konferensi ini, para delegasi juga akan berkompetisi untuk mendapatkan penghargaan The Honourable, Outstanding serta Best Delegates. HNMUN akan menambah ketrampilan para delegasi dalam berdiplomasi, mengetahui atmosfir perumusan resolusi PBB dan menambah jaringan dari negara – negara lain. | okezone

Share/Save/Bookmark

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: