Skip to content

Menhub Resmikan KA Mahasiswa UNSRI

24 February, 2009

Pemerintah meresmikan operasionalisasi kereta api jenis rail bus rute Stasiun Kertapati-Stasiun Indralaya, Kamis (19/2). Kereta dengan nama Keretalaya itu secara khusus akan melayani mahasiswa Universitas Sriwijaya yang hendak berangkat ke kampus.

Peresmian operasionalisasi Keretalaya ini dilakukan secara simbolis oleh Menteri Perhubungan Jusman Safeii Djamal dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. Turut mendampingi, Rektor Universitas Sriwijaya Prof Dr Badia Perizade dan ratusan mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri).

Menurut Jusman, segenap mahasiswa Unsri patut berbangga dengan peluncuran layanan moda transportasi kereta api ini karena tidak semua kampus universitas di Indonesia memiliki fasilitas yang sama.

“Bahkan, Unsri merupakan satu-satunya kampus universitas di Indonesia yang mahasiswanya dilayani secara khusus berangkat ke kampus menggunakan gerbong kereta api,” katanya.

Proyek ini, lanjutnya, didanai dengan patungan dana pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Namun, saat ditanya berapa jumlah pasti dana dari kedua belah pihak, Menhub tidak menyebutkan jumlahnya.

“Saya berharap agar para mahasiswa memanfaatkan fasilitas kereta api sebaik-baiknya untuk menuntut ilmu di kampus,” katanya.

Alex Noerdin menambahkan, operator kereta api ini sepenuhnya diserahkan kepada jajaran PT Kereta Api dan Dinas Perhubungan Sumsel. Tarif kereta tersebut belum diputuskan secara resmi, tetapi diperkirakan pada kisaran Rp 3.000-Rp 3.500 per mahasiswa.

Berangkat dari pengalaman sebelumnya, yang menunjukkan bahwa kereta api serupa kurang diminati mahasiswa, Alex Noerdin mengimbau agar kereta api benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Perlu diketahui bahwa kereta api ini hanya salah satu modal saja. Masih ada pilihan moda lain, seperti bus mahasiswa. Silakan mahasiswa lebih memilih moda transportasi yang sesuai dengan selera masing-masing,” katanya. | jasaraharja

Share/Save/Bookmark

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: