Skip to content

Layanan Dokter Gratis Lewat Internet

27 March, 2009

Layanan kesehatan FlyFreeForHealth hadir di Indonesia. Layanan ini bisa diakses secara gratis melalui telepon VoIP atau SMS. Untuk mendapatkan pendapat ahli mengenai kesehatan, pasien kini tidak perlu ke Singapura.

FlyFreeForHealth menyediakan perawat dan pelaku kesehatan profesional yang siap memberikan konsultasi kesehatan bertaraf internasional secara gratis. “Orang bisa mendapatkan second opinion di FlyFreeForHelth, sehingga bisa menentukan perawatan yang sesuai kebutuhannya. Kami menyediakan itu secara gratis,” kata Dr Wei Siang Yu penggagas FlyFreeForHealth, kemarin.
FlyFreeForHealth menyediakan perawat atau profesional kesehatan yang disebut medical butler. Kosumen bisa mengirim SMS ke +65 98473224 dan medical butler akan menghubungi melalui VoIP ataupun chatting di http://www.flyfreeforhealth.com.

Wei membantah munculnya layanan seperti itu akan menyaingi layanan kesehatan yang sudah ada di suatu negara. Bahkan jaringan informasi seperti di FlyFreeForHealth mampu membantu dokter Indonesia untuk bertukar fikiran dengan dokter di negara lain secara lebih mudah.

Jika dokter terlibat dalam jaringan global, masyarakat Indonesia bisa mendapat informasi medis lebih lengkap dan termutakhir. Jaringan global juga sebagai wahana kesehatan publik dan implementasi telemedicine.

“Jadi tidak perlu bersusah-susah mencari informasi kesana kemari, karena bisa mendapatkan informasi lengkap dari dokter dan rumah sakit di seluruh Asia di satu tempat,” jelasnya.

Dokter di rumah sakit Bundamedik Ivan R Sini ini mengatakan, hadirnya layanan seperti itu tidak akan membuat pasien Indonesia makin banyak yang berobat ke luar negeri khususnya Singapura.

Menurutnya, layanan seperti itu justru mendorong pihak penyedia kesehatan menerapkan standar lebih baik. “Karena untuk penerapan itu tidak mudah, maka layanan pada pasien menjadi unggulan,” paparnya.

Saat ini, tambahnya, tidak hanya pasien Indonesia saja yang banyak berobat ke Singapura. Tapi penyedia layanan kesehatan Indonesia, juga bisa mendapat pasien dari luar negeri.

Irvan mencontohkan banyak pasien yang datang dari Afrika dan Timur Tengah seperti Maroko dan Tunisia. Bahkan pasien Jepang yang notabene adalah negara maju juga berobat di Indonesia. “Itu membuktikan pasien yang memegang kendali. Pasien bisa mendapat pilihan yang paling sesuai dengan keinginannya,” katanya.

FlyFreeForHealth juga menawarkan layanan agar masyarakar umum bisa mengikuti webminar atau seminar lewat web. Tema seminar yang dilakukan sangat menarik misalnya menyangkut bedah plastik hingga topik agar bisa mendapatkan keturunan.

Pakar yang menjelaskan juga bereputasi internasional, semisal dokter bedah asal Brazil. Ahli bedah plastik negara itu diakui dunia karena menghasilkan juara Miss Universe.

FlyFreeFirHelth juga menyediakan medical tourism. Selain menjalani pemeriksaan kesehatan, pasien dan keluarganya sekaligus bisa melakukan kegiatan refreshing misalnya saja berbelanja.

“Sering kali pemeriksaan kesehatan hanya butuh beberapa jam. Dan mereka biasanya datang bersama keluarganya. Setelah perawatan medis selesai mereka bisa berwisata,” kata Dr Wei memberikan alasan.

Ia menambahkan medical tourism itu menjadi popular di Thailand dan Singapura. Hal seperti itu juga bisa terjadi di Indonesia. Tidak mengherankan, jika rumah sakit Indonesia suatu saat akan dipenuhi pasien berkulit hitam dari Afrika atau Asia Timur.  | inilah.com

One Comment leave one →
  1. aan permalink
    4 December, 2009 04:44

    saya bingung harus berkata apa saya hanya ingin ade saya bisa segera dioperasi akan tetapi biaya sangat besar,kami hidup hanya 3 bersaudara ade saya sangat membutuhkan perawatan dokter dan operasinya,dia mendapatkan kecelakaan motor sehingga harus kehilangan kaki kirinya diamputasi,pinggang retak,tangan kiri patah,dan banyak lagi saya ingin menangis rasanya,saya memohon pada sapapun agar ade saya bisa dioperasi lom lagi dia berak dari perut atau disebut colostomy,saya rela menukar nyawa saya agar ade saya bisa dioperasi,berkali2 saya berdoa memohon agar ade saya bisa dirawat akan tetapi kami makan pun sulit untuk hidup saja da sangat sulit apa daya saya,saya memohon kepada sapa saja akan ada seseorang yang mau untuk membantu ade saya agar bisa dirawat setiap hari dalam hati saya menangis tiada henti melihat ade saya saya memohon kepada siapa saja untuk dapat membantu ade saya

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: