Skip to content

3 Pertama di ASEAN Layani Facebook SMS

7 April, 2009

Operator GSM Hutchison CP Telecommunications, pemilik merek dagang 3, meluncurkan layanan facebook yang dapat diakses melalui telepon seluler (ponsel) dengan menggunakan SMS dan MMS.

“Kami menjadi operator pertama di Asia Tenggara dan di Indonesia yang meluncurkan layanan facebook melalui ponsel,” kata Chief Commercial Officer PT Hutchison CP Telecomm, Suresh Reddy, di Jakarta.

Ia mengatakan, facebook (FB) saat ini telah menjadi situs jejaring sosial yang paling tren di dunia.

Terdapat 175 juta penduduk dunia yang telah memanfaatkan layanan pergaulan paling populer tersebut. Khusus di Indonesia per Maret 2009 ada lebih dari 1,4 juta anggota FB.

“Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki anggota facebook terbanyak se-Asia dan ke-5 di seluruh dunia setelah AS, Inggris, Italia, dan Kanada,” katanya.

Dengan laju peningkatan jumlah anggota sebesar 40 persen selama 2008, menempatkan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan jumlah anggota FB paling cepat di dunia selama 2008 berdasarkan data Google Trends.

Operator 3 menyatakan komitmennya untuk selalu menghadirkan terobosan layanan terbaru dan terdepan bagi penggunanya.

Tahun lalu, layanan GSM yang berbasis di Hongkong itu menjadi operator seluler pertama yang menghadirkan layanan Yahoo! Messenger di ponsel.

Saat ini penyedia layanan telekomunikasi global yang memulai ekspansinya di Macau itu menjadi operator pertama di Asia Tenggara uang menghadirkan layanan FB mobile melalui SMS dan MMS.

Pengguna 3 dapat mengupdate status FB kapan pun dan dimana pun dengan mengirimkan SMS ke 32665. Selain itu, pelanggan dapat memantau status rekan setiap ada up date status yang dilakukan.

“Kita akan mendapatkan status tersebut melalui SMS juga yang secara real time akan terbaca olehnya. Selain itu kita juga bisa poke/colek teman, post di wall teman, menambah teman baru, menyetujui ajakan teman baru, menerima poke teman, menerima pesan, menerima wall post, menerima komentar, dan lain-lain yang semuanya melalui SMS,” kata General Manager VAS PT Hutchison CP Telecomm Indonesia, Patricia Tedjasendjaja.

Patricia menjelaskan, pelanggan juga dapat mengup-load foto semudah mengirim SMS. Soal biaya pelanggan hanya perlu membayar Rp5 ribu per bulan untuk layanan FB sepuasnya.

“Sejalan dengan komitmen kami yang secara konsisten memberikan inovasi yang belum pernah ada sebelumnya kini kami kembali menghadirkan terobosan baru untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup pelanggan,” katanya.

Untuk mengaktifkan FB mobile, pelanggan hanya perlu melakukan login ke http://www.facebook.com kemudian masuk ke facebook.com/mobile lalu memasukkan nomor 3 pelanggan.

Pelanggan kemudian mengaktifkan kode konfirmasi yang didapat lalu mengaturnya. Setelah itu konsumen dapat langsung menikmati layanan FB mobile.

Hingga akhir 2008, pelanggan Hutchison CP Telecommunications, pemilik merek dagang 3 meningkat signifikan hingga 120 persen dalam waktu dua tahun.

Dari sisi pelanggan, pada kuartal keempat 2007, jumlah pemakai kartu 3 dilaporkan mencapai 2,039 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Sedangkan pada kuartal 4 tahun 2008 jumlah pengguna 3 sudah mencapai angka 4,501 juta pelanggan.

Peningkatan jumlah pelanggan tersebut dibarengi dengan jumlah BTS sehingga diharapkan pada 2009, 3 sudah mengoperasikan 9.000 BTS yang tersebar di seluruh Nusantara termasuk Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Sulawesi, dan Kalimantan.

Operator yang beroperasi di Indonesia sejak 2007 itu mengedepankan tarif-tarif terjangkau dan fitur “value added service” (vas).

Pada 2008, perusahaan itu telah membangun 6.300 BTS yang melayani 67 persen dari total populasi pengguna di kota-kota besar Indonesia.

Operator ber-“tag line” “Mau?” itu mengincar posisi keempat dalam percaturan operator GSM nasional. | antara

One Comment leave one →
  1. Ian permalink
    7 April, 2009 23:44

    Salut buat 3 yg sll buat trbsn baru yg blm prnh ada, jadi pengen pakai 3

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: