Skip to content

Chem-is-try.org, Mencintai Kimia Cara Baru

12 April, 2009

Kabar baik bagi pecinta ilmu kimia di Indonesia. Situs http://www.chem-is-try.org kini tampil dengan wajah baru.

Berbasis sistem WordPress, Chem-is-try.org juga menambah sejumlah fitur gres yang mempermudah komunikasi dan mempererat komunikasi antar redaksi, kontributor dan penggunanya.

Versi anyar ini memungkinkan setiap orang dapat berkontribusi langsung ke chem-is-try.org. Pengunjung dapat langsung mengirimkan artikel populer, tokoh kimia, tanya pakar, informasi event, beasiswa, seminar, termasuk materi belajar ke situs chem-is-try.org. Penulis juga dapat mengedit artikel yang kamu kirim dan berinteraksi aktif dengan pengunjung melalui komentar maupun forum diskusi.

Awal dikembangkannya chem-is-try.org bermula dari kurangnya situs kimia berbahasa Indonesia. Pada awal tahun 2003, keinginan beberapa orang yang peduli akan ilmu pendidikan kimia yang berlokasi di Jepang dan Amerika untuk menambah lebih banyak informasi ilmiah meluncurkan situs kimia pertama di Indonesia. llmu kimia (chemistry) didasari oleh kemauan untuk berlatih dan bereksperimen, oleh karena itu situs ini bernama Chem-Is-Try.org (kimia adalah experimen).

Pada awal tahun 2003, versi pertama dari situs chem-is-try.org dibuat. Masih sedikitnya situs kimia berbahasa Indonesia dan isi situs yang cukup berbobot membuat kehadiran situs ini mendapat sambutan yang cukup hangat dari para pecinta kimia di Indonesia. Artikel-artikel singkat tentang situs ini pun bermunculan di beberapa media elektronik di Indonesia.

Selama kurun waktu lebih dari 5 tahun, chem-is-try.org berkembang dan sempat mendapat kesempatan untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi WSIS Award 2003 untuk kategori e-science. Pada tahun 2008, Situs chem-is-try.org menerima penghargaan juara ke-2 e-Learning Award 2008 kategori blog edukatif Pendidikan Tinggi dan Komunitas dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Saat ini, chem-is-try.org kini dikunjungi lebih dari 3000 pengunjung per hari dengan komunitas anggota milis mencapai lebih dari 5000 orang.

Situs chem-is-try.org dikembangkan dengan dasar dari komunitas oleh komunitas dan untuk komunitas. Jadi situs ini tidak akan berkembang tanpa kontribusi aktif dari komunitas kimia. Ayo bergabung bersama chem-is-try.org dan bagikan ilmu kita dengan tulisan.

Dikelola oleh Soetrisno dibantu dengan beberapa redaksi yang berlokasi di Jepang, Amerika, Indonesia dan Australia, Chem-is-try.org adalah wahana yang bertujuan memperkenalkan lebih luas tentang dunia kimia dan perkembangannya dalam bahasa Indonesia melalui sarana internet. | okezone

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: