Skip to content

Hacker Serang Tabulasi Nasional Pemilu

13 April, 2009

Puluhan hacker menyerang Pusat Tabulasi Pemilu Nasional, Sabtu 11 April. Entah apa motivasi para Hacker ini, bisa jadi karena pesanan seseorang,bisa juga hanya iseng atau memang karena hacker ini senang melihat Indonesia ini dalam kondisi kacau balau.

Ketua Tim Teknologi Informasi Komisi Pemilihan Umum, Husni Fahmi, menyebut sudah 20 serangan hacker mampir ke situs Pusat Tabulasi Nasional. “Memang sempat ada yang ingin mengubah tampilan laman tabulasi nasional hasil pemungutan suara milik KPU, tetapi segera kami antisipasi,” ujarnya. “Modusnya ingin mengubah tampilan data tabulasi, mengembalikan seluruh hasil perhitungan menjadi nol.”

“Sejak tiga hari lalu dimulainya perhitungan tabulasi, sampai hari ini kalau dihitung-hitung, sudah lebih dari 20 serangan,” kata Husni dalam jumpa pers di Pusat Tabulasi Nasional, Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu 12 April 2009.

Seluruh penyerang itu sekarang, kata Husni, telah diblokir alamat Internet Protocol-nya oleh PT Telkom. Tim TI KPU bisa mengantisipasi serangan karena belajar dari pengalaman 2004 lalu. “Sehingga kami lebih siap mengantisipasi gangguan-gangguan seperti ini,” katanya.

Pusat Tabulasi Nasional menampilkan data penghitungan hasil pemungutan suara yang dikirimkan melalui jaringan sistem informasi Pemilu. Data diterima Pusat Tabulasi Nasional dalam bentuk pindaian atas rekapitulasi suara yang dikirimkan KPU kabupaten dan kota seluruh Indonesia.

Dikatakannya, KPU sudah meminta ke pihak Telkom untuk mengamankan pusat tabulasi nasional pemilu dari serangan hacker.

One Comment leave one →
  1. ayeart permalink
    21 April, 2009 11:12

    Hacker dilawan,,,,
    benteng di tendang saja
    ya buslah hacker sekarang menguji juga sejauh mana securrtynya,,kpu punya

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: