Skip to content

Aceh Targetkan 10 Besar Nasional Kelulusan UN 2009

21 April, 2009

Pemerintah Aceh menargetkan 10 besar nasional kelulusan siswa pada Ujian Nasional (UN) 2009.

“Kelulusan UN untuk tingkat SMP dan SMA sederajat harus bisa masuk 10 besar nasional,” kata Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar usai meninjau pelaksanaan UN di beberapa sekolah di Banda Aceh dan Aceh Besar, Senin (20/4).

Disebutkannya, pada tahun lalu Aceh berada di urutan 24 kelulusan siswa SMA dan urutan terakhir untuk SMK dari 33 provinsi di Indonesia. Sementara UN di tingkat SD/MI tahun lalu, Aceh masuk empat besar dan SMP berada di urutan 13. “Tahun ini, sebagaimana arahan Dinas Pendidikan Aceh, kelulusan UN siswa Aceh harus lebih baik dari tahun lalu,” pintanya.

Nazar mengatakan harus ada terobosan-terobosan untuk meningkatkan kelulusan siswa pada UN. Karena, dengan sistem sistem komputerisasi bila tidak hati-hati atau tidak tahu dalam mengisi formulir berefek kepada ketidaklulusan meskipun siswa itu pintar. “Jadi, pihak sekolah dan guru harus benar-benar mengarahkan siswa untuk pengisian formulir sebelum siswa menjawab soal UN,” sebutnya.

Menyangkut suasana UN di beberapa daerah, Nazar mengatakan sejauh ini belum ada hal-hal yang mengkhawatirkan. Apalagi sudah dilakukan warning kepada seluruh kepala sekolah agar tidak melakukan hal-hal yang mengakibatkan terjadinya kecurangan, termasuk handphone siswa tidak boleh masuk ke ruang ujian.

Meski standar nilai kelulusan tahun ini lebih tinggi dari tahun lalu, Wagub optimis dengan capaian target kelulusan 90 persen bisa terpenuhi. Hal itu berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya yang menjadi pelajaran bagi Pemerintah Aceh dan Dinas Pendidikan Aceh.

Mengenai isu adanya kebocoran soal UN setiap tahun, dia mengatakan akan ada sanksi berat pada sekolah atau guru terkait serta siapa saja yang terlibat di dalamnya. “Saya harap ini tidak dilakukan, kami akan beri sanksi serius jika ini terjadi,” sebutnya.

Secara umum siswa Aceh yang ikut UN 2009 berjumlah 265.380 siswa dari tingkat SD hingga SMA sederajat. Sedangkan tahun lalu hanya berjumlah 185 ribu lebih dengan tingkat kelulusan 90 persen. | Harian Aceh

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: