Skip to content

SPMBN 2009 Minim Peminat

21 April, 2009

Hingga hari kedelapan pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nasional (SPMBN) 2009, ternyata masih minim peminat.

Padahal, ujian masuk bersama (UMB) akan digelar pada 14 Februari mendatang. Hal ini bisa dilihat di perguruan tinggi swasta di Sumatera Utara yang masuk dalam perhimpunan SPMBN, yakni Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Universitas Medan Area (UMA),dan Universitas HKBP Nommensen.

Ketua Panitia Penyelenggara Lokal (PPL) SPMBN UISU Yanhar Jamaluddin menyatakan,hingga kemarin baru menerima pendaftar 10 orang. Minimnya pendaftar disebabkan program ini kurang publikasi dan sosialisasi. Ditambah lagi seleksinya dilakukan sebelum seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).

“Sosialisasinya relatif singkat sehingga masyarakat kurang mengetahuinya. Penerimaan mahasiswa baru ini juga dilakukan lebih awal dari SNMPTN yang dilaksanakan pada Mei nanti. Jadi, kalau tahap pertama ini wajar minim,”tuturnya. Yanhar menambahkan, peningkatan jumlah pendaftar melalui jalur SPMBN akan terasa pada tahap II, April mendatang.

Calon mahasiswa sudah menentukan sikap jika tidak lulus SNMPTN. “ Tahap II nanti, peningkatan jumlah pendaftar akan sangat terasa signifikan.Sebab,siswa kelas III sudah lulus ujian nasional (UN) dan SNMPTN sudah dilaksanakan. Jadi, kami hanya tinggal menunggu waktu,” ungkapnya. Kondisi yang sama juga terlihat di Universitas Medan Area (UMA). Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UMA Zoel Heri Noer memaparkan, pendaftar baru mencapai 10 orang.

“Memang jumlah pendaftar sedikit, tapi pendaftaran ini belum berakhir karena baru tahap awal,”tuturnya. Zoel menambahkan, SPMBN tahap awal ini merupakan salah satu uji coba untuk kesuksesan SPMBN tahap II nanti.

“Ini kan kami anggap salah satu uji coba kesuksesan karena ini masih tahap awal. SPMBN kali ini lebih difokuskan kepada mereka yang sudah tamat.Namun, untuk tahap II nanti,kami optimistis SPMBN ini sukses karena siswa kelas III sudah tamat dan SNMPTN sudah dilaksanakan. Jadi, siswa akan memilih PTS yang favorit atau bagus, ya salah satunya kami yang masuk dalam PSPMBN ini,” tandasnya.

Hal sama juga dirasakan di Universitas HKBP Nommensen. Hingga saat ini, pendaftar di universitas itu cukup minim. | medankita

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: