Skip to content

Perpustakaan Baru Universitas Indonesia

2 June, 2009
foto ui

gambar oleh foto.detik.com

Universitas Indonesia akan membangun perpustakaan baru dengan konsep sustanaible building. Senin (1/6) kemarin adalah hari dimana dilakukan pemancangan tiang pertama, yang dihadiri oleh Rektor UI Prof Dr Der Zos Gumilar Rusliwa Soemantri dan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara yang juga Ketua Ikatan Alumni (Iluni) UI Sofyan Djalil.

Fasilitas perpustakaan ini dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektar dan merupakan pengembangan dari Perpustakaan Pusat UI yang sudah dibangun tahun 1986-1987. Luas seluruh bangunannya mencapai 30.000 meter persegi dan ditargetkan selesai Desember mendatang.

Perpustakaan UI itu akan menyimpan 3-5 juta judul buku dan dapat menampung sekitar 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan atau sekitar 20.000 orang per hari. Gedung perpustakaan juga dilengkapi ruang baca serta silent room bagi dosen dan mahasiswa yang sedang menulis laporan penelitian atau karya ilmiah lain.

Perpustakaan akan didukung sistem Information and Communications Technology (ICT) mutakhir yang memungkinkan pengunjung memanfaatkan secara leluasa sumber informasi elektronik, seperti e-book dan e-journal. Sistem peminjaman akan berbasis sepenuhnya ICT serta memiliki akses luas ke berbagai pusat pembelajaran dan perpustakaan lain. | lib.ui.ac.id

3 Comments leave one →
  1. 3 June, 2009 13:07

    wah,,,dekat fasilkom tuh…hehe

  2. 17 June, 2009 11:59

    Alih-alih meningkatkan kuantitas akses jurnal-jurnal ilmiah yang dimiliki oleh publisher internasional semacam elsevier, american chemical soc, royal chem soc, springer, wiley, cambridge dan lain-lain, ini malah mendahulukan pembangunan fisik. Tahun 2001 terakhir saya masuk ke perpustakaan UI, koleksi buku kimianya sangat menyedihkan.

    • 18 June, 2009 18:21

      semoga bisa jadi pertimbangan juga atas peningkatan kuantitas ini bagi UI

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: