Skip to content

Mahasiswa Indonesia Di Malaysia Tak Terpengaruh Ambalat

8 June, 2009

Mahasiswa Indonesia di Malaysia merasa tidak menerima perlakuan berbeda dari pemerintah dan warga negara Malaysia menyusul mencuatnya kasus Ambalat dan Manohara akhir-akhir ini.

“Warga Malaysia sepertinya biasa-biasa saja,” ungkap Drs Syafrizal, MSi, mahasiswa program doktoral di Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) saat dihubungi dari Medan, Senin.

Sikap warga Malaysia terhadap mahasiswa Indonesia tidak berubah gara-gara kasus Ambalat dan Manohara, juga tidak beraksi berlebihan dalam kedua kasus itu.

Rakyat negeri itu bahkan tampak tidak terlalu tertarik membicarakan masalah Ambalat dan Manohara karena mereka sepenuhnya menyerahkan persoalan itu kepada pemerintahnya.

Dia mengaku tidak mengetahui alasan warga Malaysia tidak tertarik membicarakan masalah Ambalat dan Manohara, namun mungkin ini ada kaitannya dengan kontrol pemerintah atas media massanya sehingga kedua kasus tidak terwartakan luas.

Di Malaysia dengan sistem politik yang relatif tertutup jelas dia, warganya cenderung menjauhi persoalan politik atau hubungan antar dua negara dan berbeda dari sikap warga Indonesia yang memang memperoleh informasi luas mengenai dua kasus itu.

Syafrizal mengatakan, media-media di Malaysia juga tampak tak terlalu menyoroti masalah Ambalat dan Manohara secara berlebihan dan sesuai dengan porsinya.

Malah menonjol di media Malaysia adalah aksi-aksi kejahatan yang dilakukan warga Indonesia. | antara

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: