Skip to content

Ribuan Siswa SMA Sumbar Tak Lulus

15 June, 2009

Hampir sebanyak 3.500 murid sekolah lanjutan atas (SMA) di Sumatra Barat (Sumbar), tidak lulus ujian nasional. Berdasarkan pantauan SCTV, siswa yang tidak lulus di daerah ini sebagian besar berasal dari sekolah menengah kejuruan (SMK) yang mencapai 1.500 murid.

Untuk madrasah aliyah (MA), dari 7.188 peserta, sebanyak 6.384 atau 88,8 persen dinyatakan lulus. Sementara berdasarkan jurusan, kelulusan tertinggi berasal dari siswa jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) yaitu 99 persen lebih. Dibanding tahun lalu, angka ketidaklulusan di Sumbar mengalami penurunan sebesar tujuh persen.

Muram karena tidak lulus juga terlihat di SMA Walisongo, Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Seluruh siswa jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPS) di SMA ini yang berjumlah 11 siswa dinyatakan tidak lulus Ujian Nasional. Wakil Kepala SMA Walisongo mengakui anak didiknya lemah pada mata pelajaran sosiologi.

Di Jakarta, data dari Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi DKI Jakarta menyebutkan, tingkat kelulusan SMA tahun ini mencapai 96,5 persen. Angka ini naik tiga persen dari tingkat kelulusan tahun silam. Untuk SMK, presentase kelulusan mencapai 96,54 persen atau naik tiga persen. Sedangkan jumlah siswa yang mendapat nilai sempurna mencapai 271 murid. Para siswa peraih nilai 10 paling banyak pada mata pelajaran matematika. | liputan6.com

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: