Skip to content

UN Masih Perlu

23 June, 2009

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengatakan, baik guru maupun program Ujian Tetap harus merujuk pada aturan nasional. Pasalnya, pendidikan menjadi ukuran perbandingan dengan daerah lainnya di Indonesia.

Kecuali itu, bahasa Aceh dan sejarah Aceh, justru dinilai tidak ada masalah untuk dimasukkan dalam muatan lokal sebagai ke khas-an sebuah daerah. Demikian disampaikan Gubernur, Irwandi Yusuf terkait adanya usulan agar program Ujian Nasional (UN) perlu dimasukkan dalam muatan lokal khusus di Provinsi Aceh, sebagaimana yang telah diatur dalam UUPA.

Kecuali itu, khusus guru tentunya wajib tunduk pada aturan nasional dimana saat ini Aceh masih banyak kekurangan tenaga terutama dalam bidang mata pelajaran tertentu.

“Saya pikir UN masih perlu di Aceh sehingga dapat diketahui sejauh mana ukuran perbandingankemajuan bagi anak dalam nilai kelulusannya dengan daerah lainnya,” ujar Irwandi di Banda Aceh, Senin (22/6).

Menurutnya, adanya ide pemikiran ini setelah melihat hasil kelulusan UN di Aceh sehingga Pemerintah Aceh melihat perlu dilakukan revisi bahkan komplain akibat sistem yang diterapkan tentunya sangat ketat dan menjadi baku.

“Kita komplain hanya itu, apakah hasil UN ini tidak bisa diubah-ubah lagi, memang mutu perlu juga dipikirkan, tentunya dengan melihat kondisi daerah Indonesia yang sangat luas ini,” tandasnya.

Irwandi mengakui, kalau UN ini menjadi hangat akhir-akhir ini di daerah, bahkan hasil kelulusan tahun ini di Aceh justru naik sekitar 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Tetapi, setelah banyak siswa yang tidak lulus dan mereka komplain dengan sistem ukuran penilaian yang keseluruhannya standar, maka UN menjadi lebih banyak diperbicangkan kembali.

Pihaknya juga mengimbau kepada siswa dimana, nilai kelulusan satu sekolah tidak mungkin juga hasilnya seratus persen, namun, katanya semua itu sangat tergantung hasil pembelajaran selama ini untuk dapat lulus.

“Saya imbau peran orang tua, dewan guru tentunya menjadi sangat prioritas bagi siswa untuk kelulusannya,” demikian Irwandi. | rakyataceh.com

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: