Skip to content

PKA V Digelar Agustus 2009 di Banda Aceh

30 June, 2009
pka5

Logo PKA by acehtourism.info

Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-V akan yang diselenggarakan Agustus 2009 di Banda Aceh memiliki makna penting dalam mengisi pembangunan kebudayaan Aceh dalam masa damai sekarang ini.

Momen PKA V ini hampir mirip dengan penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Aceh pertama tahun 1958, ketika Aceh baru saja damai dari peristiwa DI/TII. Untuk membangun kembali kebudayaan Aceh, saat itu diselenggarakan Pekan Kebudayaan Aceh yang dipusatkan di Balai Teuku Umar (BTU) Kuta Raja, sekarang Banda Aceh.

Begitu pula penyelenggaraan PKA V kali ini, yakni setelah 3 tahun Aceh berdamai dari konflik GAM-RI, rakyat Aceh merasa perlu menata kembali pembangunan kebudayaannya yang hancur akibat konflik daerahnya selama puluhan tahun.

“Melalui PKA V ini diharapkan nilai-nilai kebudayaan Aceh yang telah pudar dalam masyarakat akibat konflik dan pengaruh global lainnya dapat dihidupkan kembali oleh masyarakat Aceh,” ujar Kadis Kebudayan dan Pariwisata NAD, Mirzan Fuadi, pekan lalu.

Itu bukan berarti PKA II (1972), PKA III (1988) dan PKA IV (2004) yang telah diselenggarakan tidak memiliki makna dalam pembangunan kebudayaan Aceh. Setiap Pekan Kebudayaan Aceh yang diselenggarakan tentu akan sangat berpengaruh bagi perkembangan kebudayaan Aceh.

Khusus Pekan Kebudayaan Aceh V kali ini yang bakal diselenggarakan 2-11 Agustus 2009 di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh. Tema yang diusung adalah; “Satukan Langkah, Kita Bangun Aceh Dengan Peradaban”. Tema ini merupakan sebuah kesadaran kultural masyarakat Aceh dalam mengembalikan identitas keacehannya”.

Oleh sebab itu, PKA V kali ini memiliki visi yang sangat fundamental dalam memperkokoh kembali jati diri masyarakat Aceh dengan membangun budaya persaudaraan guna terwujudnya perdamaian hakiki di bumi Aceh.

Untuk kelancaran penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Aceh V yang hanya tinggal dua bulan lagi, pihak panitia yang terdiri dari 19 bidang tanggung jawab masing-masing kini terus bekerja ke arah persiapan pelaksanaan PKA V pada Agustus nanti.

Even-even yang akan dimunculkan dalam Pekan Kebudayaan Aceh V, antara lain seminar budaya Nusantara, atraksi budaya Aceh, pasar wisata dan budaya, pawai budaya, pameran, permainan rakyat, Tour wisata, gebyar kesenian Aceh, aneka lomba kebiasaan tradisi orang Aceh, kenduri rakyat dan anugerah budaya, serta berbagai even tradisi budaya Aceh lainnya.

Pekan Kebudayaan Aceh V yang direncanakan akan dibuka Presidan RI, 2 Agustus 2009 ini, selain diikuti oleh peserta lokal (Aceh) dan nasional, juga dihadiri peserta dari beberapa negara di kawanan Asia Tenggara, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan Thailand. | analisadaily

8 Comments leave one →
  1. Ida Husna permalink
    7 July, 2009 10:26

    acara yang bagus, saya sangat senag dan mendukung acara ini 100%. insy saya sempatkan mampir kesan waktu liuburan nanti…🙂

    salam semangat🙂

    Ida Husna

    • 7 July, 2009 19:54

      jangan lupa bawa kamera nya…

  2. Iin permalink
    7 July, 2009 13:46

    Assalamualaikum…

    Saya mau bertanya untuk para pengurus, mau nggak menghadirkan Niken KDI untuk ikut memeriahkan suasana pekan Budaya.

    Kalau berminat bisa menghubungi saya di 08889115366. Terima kasih

    • 7 July, 2009 19:55

      Tema PKA: “Satukan Langkah, Bangun Aceh dengan Tamaddun”

      LOKASI KEGIATAN:
      Taman Sulthanah Shafiatuddin, Taman Budaya & Taman Sari
      Masjid Raya Baiturrahman & Masjid Al Makmur Lampriet
      Gedung Tgk Chik Ditiro & AAC Dayan Dawood
      Anjong Mon Mata/Meuligo Gubernur
      Museum Aceh & Museum Prof A Hasjmy
      Lapangan Blang Padang & Stadion H. Dimurtala
      Krueng Aceh/Lamnyong

      PEMBUKAAN/PENUTUPAN
      Pembacaan Doa, Shalawat Badar dan Tarian massal.
      Doa, Malam seribu kenangan, Puisitisasi al-Qur’an, dsb..

      PAWAI BUDAYA
      Barisan: Drum Band dan Seurune Kalee, Pasukan Gajah, Barisan Adat Kabupaten/Kota, Barisan Instansi Pemerintah dan Swasta, Barisan Pemuda Pelajar/Mahasiswa & LSM, Kendaraan Hias.

      PAMERAN
      Warisan budaya kab/kota, warisan budaya nusantara, literatur Islam dan budaya Aceh, naskah kuno, numismatika, dan benda pos, barang-barang kerajinan, produk rumah tangga, kuliner, dan obat-obatan tradisional Aceh.

      SEMINAR BUDAYA
      Pandangan dan pemikiran ulama terhadap pengembangan budaya dan pariwisata, Penggalian sejarah, seni, dan warisan budaya, Hubungan budaya Melayu – Aceh, Perdamaian dalam konteks pelestarian budaya Aceh, Perempuan dalam budaya Aceh.

      GEBYAR SENI
      Seni tradisi dan kreasi, lukis & ilustrasi hikayat, suara, ukir, teater, musik
      Aneka lomba seni, Seudati tunang, Baca hikayat, Nazam, Hadih maja, Pok teumpeuen, Peugot kuweh, Manyum tika, Suson ranub, Peuget bleuet, Peuget reungkan
      Aneka lomba seni islami, Tadarrus al Qur’an, Meurukon, Zikir maulid, Dalael khairat, Tajhiz jenazah, Kaligrafy, Qasidah/marhaban.

      ANEKA LOMBA PERMAINAN RAKYAT
      Glayang, Peuraho dayong, Drop itek, Meu’en gatok,Poh gaseng, Sipak raga, Meu’en galah, Meu’en geunteut trieng.

      ATRAKSI BUDAYA
      Upacara adat perkawinan, Peudong rumoh, Sunat rasul, Intat beuet dan khatam Qur’an, Peudame ureueng/peuradilan adat, Peragaan busana adat Aceh.

      ANUGERAH BUDAYA
      Pemberian penghargaan kepada budayawan, seniman, dan pemangku adat.

      PASAR WISATA, SENI DAN KERAJINAN
      Pemasaran paket wisata, Promosi objek dan daya tarik wisata kabupaten/kota, nusantara, dan mancanegara.

      TOUR WISATA BUDAYA
      Kunjungan objek wisata, budaya/sejarah, wisata religius, wisata tsunami, wisata kuliner, wisata alam, wisata pendidikan/dayah.

  3. Burhan Gayo permalink
    15 July, 2009 13:38

    Assalamu`alaikum.Wr.Wb……PKA ke V di bulan Agustus 2009,sangat baik dan semoga dapat menyatukan Rakyat Aceh yang berbagai suku dan budaya demi Aceh kedapan yang mandiri.

  4. Burhan Gayo permalink
    15 July, 2009 13:40

    Assalamu`alaikum.Wr.Wb……PKA ke V di bulan Agustus 2009,Adalah moment yang sangat baik untuk dapat menyatukan Rakyat Aceh yang berbagai suku dan budaya demi Aceh kedepan yang mandiri dan Propisional.

    • 20 July, 2009 00:52

      semoga ini bisa membuat peradaban Aceh bangkit lagi..

  5. andar permalink
    31 July, 2009 21:56

    pengen bget liat acar PKA tu gmana ??????????? COz Q lom prnah liat jadi pnasaran …. SERU yacH??????

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: