Skip to content

Sekitar 10 Persen Peserta Lolos UMB PTN 2009

30 June, 2009

Sekitar 10 persen atau 8132 peserta dari total 74.500 peserta berhasil lolos seleksi Ujian Masuk Bersama (UMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Mereka diterima di tujuh PTN yang tergabung dalam UMB 2009. ”Untuk kelompok IPA, tersedia 124 program studi dengan daya tampung sebanyak 4297 kursi. Kelompok IPS tersedia 167 program studi dengan daya tampung 3835 kursi.

UMB PTN dilaksanakan secara serentak pada 6 hingga 7 Juni lalu, meliputi Aceh, Medan, Padang, Jambi, Palembang, Lampung, Jakarta, Tangerang, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar,” ujar Sekretaris Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Prof Dr Soesmalijah Soewondo saat dihubungi Republika, Selasa (30/6).

Menurut Soesmalijah, dilihat dari kepesertaan UMB PTN, tahun ini jumlahnya meningkat dari lima PTN menjadi tujuh PTN. Yakni, Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Sumatera Utara (USU), Unsyiah Aceh, Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, UIN Makassar, dan Universitas Negeri Jambi. ”Kuota terbesar masih diberikan USU Medan sebesar 90 persen, PTN lain kuotanya bekisar 15 hingga 60 persen,” jelasnya.

Soesmalijah mengatakan, ke UMB PTN akan berusaha menambah PTN untuk bergabung sehingga daya tampung yang disediakan bagi peserta UMB PTN bertambah. ”Kemungkinan kami akan mencoba untuk memfokuskan PTN-PTN di wilayah barat dulu,” tegasnya.

Di banding tahun lalu, daya tampung UMB PTN tahun ini turun hampir 20 persen dari 10.672 kursi menjadi 8.132 kursi. Tahun lalu, jumlah peserta sebanyak 98.426 orang. Penurunan daya tampung itu disebabkan Universitas Hasanuddin (Unhas) menarik kepesertaannya dari UMB PTN. ”Kami akan mencoba agar Unhas kembali bergabung. Semakin banyak yang bergabung tentu akan semakin bagus,” cetus Soemalijah.

Ketua Koordinator Perhimpunan SPMB, Sutjipto menambahkan, penurunan daya tampung juga disebabkan karena UI mengurangi kuota dari sebelumnya 100 persen penerimaan mahasiswa barunya menjadi sekitar 15 persen. Menurut dia, UI mengurangi kuotanya karena menyelenggarakan sendiri seleksi mahasiswa baru lewat seleksi masuk (SIMAK) UI. ”Sementara Unhas, kabarnya juga akan mengadakan seleksi sendiri,” ungkapnya.

Soesmalijah menambahkan, banyak pihak yang memuji kualitas soal UMB PTN kian membaik. Materi yang diujikan meliputi kemampuan dasar seperti matematika dasar, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Kemampuan IPA, yaitu matematika, biologi, fisika dan kimia. Kemampuan IPS meliputi ekonomi, sejarah dan geografi. Materi ujian tulis UMB PTN, lanjut dia, sangat berbeda dibandingkan dengan materi ujian nasional yang mengarah pada evaluasi belajar. ”Tes UMB PTN merupakan tes prediktif. Materi soal lebih mengedepankan kemampuan berfikir logika yang penting bagi calon mahasiswa beradaptasi dengan mata perkuliahan di perguruan tinggi,” jelasnya. | republika

5 Comments leave one →
  1. mardhiah eka citra permalink
    2 July, 2009 18:02

    siapa aja yang lulus FE? kemaren ada yang minta nomer hape eka.. siapa ya?

    • 3 July, 2009 17:29

      wah mesti nanyak pak ketua nih…

  2. 3 July, 2009 17:36

    Yang telah terdeteksi baru 1 orang
    Ika Ismiati, anak smantig bna…

  3. mardhiah eka citra permalink
    6 July, 2009 19:02

    oh kalo yang itu udah add eka di fb, tapi blom hubungin eka juga..😀

  4. himelda wulandari permalink
    29 October, 2009 17:35

    kq g ad yh umb bwt unpad n ugm????

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: