Skip to content

21 Tahun Menderita Lumpuh Layu

3 July, 2009
6369_1171835182444_1424959777_30469339_3462122_n

foto oleh Yo Fauzan/ACEHKITA.com

Nurjanah, 21 tahun, warga Desa Lamtimpeung, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, membutuhkan biaya perawatan untuk mengobati lumpuh layu yang dideritanya sejak kecil.

Menurut Muhammad Dehan, ayahnya, Nurjanah menderita lumpuh layu sejak usia empat bulan. Sebelum sakit, Nurjanah pernah disuntik tetanus oleh petugas kesehatan yang mendatangi rumah mereka.

“Dia demam dan kejang-kejang sampai dua hari dua malam. Kami tidak punya biaya membawanya ke dokter,” katanya, Selasa (30/6).

Selama 21 tahun Nurjanah tidak pernah mendapatkan bantuan medis. Pada awal tsunami, Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias pernah membawa Nurjannah ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin Banda Aceh.

“Selama tiga hari tidak pernah ada dokter yang memeriksa anak saya. Akhirnya saya membawa pulang dan mengobatinya dengan pengobatan kampung,” sebutnya.

Dehan berharap ada pihak yang sudi membantu pengobatan putrinya. Pasalnya, dia hanya bekerja menjadi pemelihara lembu. Untuk makan sehari-hari Dehan harus mengutang, dan hanya mengharapkan bantuan dari tetangganya.

“Saya tidak punya penghasilan, kecuali kalau lembu sudah besar dan dijual ke pasar,” katanya.

Kini Dehan membesarkan Nurjanah dan dua adiknya sendirian, setelah istrinya meninggal karena menderita penyakit paru-paru. Dua putranya harus dititipkan ke saudara kandungnya.

“Saya tidak bisa bekerja, dia tidak mau makan kalau tidak saya yang suapin, dia tidak mau diurus sama orang lain selain saya,” sebutnya. | acehkita.com

nurjannah

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: