Skip to content

388 Peserta SNMPTN Unsyiah tak Ikut Tes

3 July, 2009

Pelaksanaan ujian tulis Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Unsyiah tahun 2009, yang telah berlangsung mulai Rabu (1/7), berakhir kemarin. Dari 12.389 orang yang mendaftar, sebanyak 388 peserta tak ikut tes. Jumlah itu terdiri atas peserta kelompok IPA sebanyak 70 orang, IPS 38 orang, dan IPC sebanyak 280 orang.

Kepala Humas Unsyiah, A Wahab Abdi, mengatakan, jumlah peserta SNMPTN tahun ini melebihi dari yang ditargetkan. Karena sebagian calon diperkirakan telah lulus melalui Ujian Masuk Bersama (UMB) yang telah diumumkan. “Membludaknya peserta ujian tulis SNMPTN disebabkan banyak calon yang telah lulus melalui UMB belum merasa puas, sebab mereka umumnya diterima di pilihan kedua dan ketiga, pilihan keempat, dan bahkan tidak lulus sama sekali,” jelas A Wahab kepada Serambi, Kamis (2/7).

Sejak hari pertama hingga kemarin, menurutnya, pelaksanaan ujian tulis SNMPTN berjalan lancar. Pada hari terakhir, lanjut A Wahab, ada seorang peserta yang terpaksa mengikuti ujian di ruang rawat nginap RS Kesdam karena yang bersangkutan sakit. “Tapi, yang lain secara umum berjalan lancar,” ujarnya.

Ditanya mengapa banyak peserta yang tak ikut ujian, ia mengatakan, pihaknya tak tahu penyebab mengapa banyak calon peserta yang tidak mengikuti ujian SNMPTN. “Yang ada, pada hari pertama ujian, seorang peserta tak sempat mengikuti ujian karena ia mengalami kecelakaan lalu lintas ketika hendak ke lokasi ujian. Sedangkan peserta lain, kami tak tahu mengapa mereka tak ikut tes,” jelas A Wahab.

Menyinggung peluang lulus melalui SNMPTN, ia mengatakan dilihat dari jumlah peserta UMB yang hanya 6.669 orang dengan SNMPTN, maka jelas persaingan SNMPTN jauh lebih ketat, sementara yang diterima sama yaitu sekitar 1.500 orang. Dikatakan, mereka yang lulus UMB memang sebagian besar bukan calon yang ikut di Unsyiah. “Sekitar 66,7 persen calon mahasiswa yang lulus UMB adalah peserta yang ikut tes di luar Unsyiah,” katanya seraya menambahkan ini menunjukkan bahwa daya saing lulusan SLTA Aceh masih di bawah lulusan SLTA di luar Aceh.

Bahkan, tambahnya, untuk program studi tertentu seperti Ilmu Hukum yang tahun sebelumnya tidak banyak dipilih oleh peserta dari luar, tahun ini meningkat tajam. “Dari 123 calon yang diterima melalui UMB untuk program studi ilmu hukum, hanya 15 calon yang berasal dari peserta di Unsyiah. Hal serupa juga terlihat pada Kedokteran Hewan, dari 60 yang diterima melalui UMB, hanya empat orang yang berasal dari peserta di Unsyiah,” pungkasnya.

Sementara itu, hari kedua ujian pelaksanaan ujian SNMPTN Unsyiah berlangsung tertib. Kondisi tersebut terlihat disejumlah lokasi ujian seleksi, dimana para calon mahasiswa dengan tekunnya mengerjakan sosal-soal ujian. Selain itu, suasana sejumlah ruas jalan di kawasan Darussalam juga masih dipenuhi kendaraan peserta ujian. | serambinews

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: