Skip to content

Politeknik Aceh Ringankan Biaya Mahasiswa Kurang Mampu

7 July, 2009

Politeknik Aceh memberi keringanan biaya pendidikan berupa beasiswa pinjaman bagi mahasiswa baru kurang mampu yang menuntut ilmu pengetahuan di lembaga tersebut.

“Beasiswa itu diberikan kepada mahasiswa baru yang lulus ujian masuk dan keluarga kurang mampu, tapi memiliki potensi akademis,” kata Kepala Kemahasiswaan Politeknik Aceh, Said Iskandar Zulkarnain, di Banda Aceh, tadi siang.

Untuk dapat mengikuti perkuliahan pada kampus modern itu, mahasiswa baru Politeknik Aceh pada tahun akademik 2009/2010 hanya dikenakan biaya kuliah sebesar Rp4 juta per semester.

Mahasiswa yang memperoleh pinjaman itu hanya perlu membayar uang kuliah sebesar Rp575.000, sedang sisanya dibayar setiap semester sebesar Rp3,425 juta per semester yang akan dicicil setelah mahasiswa itu bekerja.

Untuk mendapatkan beasiswa itu, katanya, mahasiswa harus mengajukan permohonan dan melengkapi syarat sejak mereka mendaftar ujian masuk Politeknik Aceh.

Beasiswa diberikan kepada 60 orang atau 25 persen dari total mahasiswa yang diterima sebanyak 240 orang. Jumlah penerima beasiswa pinjaman itu tergantung dari hasil tes para calon mahasiswa.

“Maksimum kuota untuk tahun akademik 2009/2010 tetap 25 persen dari total mahasiswa yang diterima,” katanya.

Politeknik Aceh merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasional dengan output yang akan dihasilkan merupakan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan dunia kerja.

Politeknik Aceh menerapkan kurikulum berbasis kompetensi yakni 70 persen masa perkuliahan yang ditempuh merupakan praktik dan hanya 30 persen teori.

Sistem perkuliahan itu didukung dengan peralatan yang modern dan terkini dengan setiap mahasiswa akan melakukan praktikum secara individu sehingga mereka dapat mempraktikkan sendiri materi praktikum. | waspada

2 Comments leave one →
  1. alung permalink
    24 August, 2009 18:41

    bagai mana kalw mash kels 3 SMa ikt tes lalu dia lulus tes,,
    dan ank tersbt aka bisa kulyh,,apa tidak,,
    mohon penjlsannya,

  2. SAIFUL BAHRI permalink
    10 February, 2010 13:11

    “saya ingin mendaftar beasiswa di politeknik aceh bagai mana apakah bisa,,

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: