Skip to content

Warga Pertanyakan Operasional Pelabuhan dan Bandara

9 July, 2009

Masyarakat Aceh Utara terutama sejumlah warga Muara Batu mempertanyakan operasional bandar udara (Bandara) Malikussaleh dan pelabuhan umum Krueng Geukueh yang dinilai semakin tertinggal. Kedua gerbang masuk itu dinilai berpotensi meningkatkan ekonomi masyarakat.

Nurdin, 35, warga Muara Batu kepada Waspada, tadi pagi, menegaskan, sepengetahuan pihaknya pelabuhan umum Krueng Geukueh telah mengantongi surat izin ekspor-impor.

Sesuai informasi yang disampaikan pemerintah daerah sebelumnya, surat izin itu dikeluarkan Kementerian BUMN, Menteri Perhubungan dan Menteri Perdagangan.

“Dengan dioperasikan secara maksimal pelabuhan ini perekonomian masyarakat akan meningkat,” sebutnya. Yaitu melalui ekspor langsung hasil pertanian dan perkebunan warga melalui pelabuhan tersebut.

Selama ini para pedagang masih menggunakan pelabuhan dari luar daerah, sehingga menghabiskan banyak biaya untuk transporasti ke luar daerah.

Selain itu dengan berkembanganya pelabuhan, seratusan tenaga bongkar muat akan diuntungkan. Selama ini, para pekerja yang umumnya masih berusia muda hanya mengandalkan kapal-kapal yang mengangkut semen dan berbagai alat bangunan lainnya.

Namun bila pengelola pelabuhan dapat meningkatkan jenis barang yang masuk dan keluar, pemasukan untuk para tenaga bongkar muat juga akan meningkat.

Sementara Bambang, 29, juga dari Muara Batu menilai, serlain pelabuhan Bandara Malikussaleh juga perlu dikelola secara prosfesional. Bandara yang telah diserahkan untuk Pemkab Aceh Utara ini, sejarak tidak beroperasi lagi pesawat North Aceh Air (NAA) terlihar semakin sepi.

Padahal, bila dikelola dengan baik, dapat mempermudah transportasi khususnya di wilayah pantai Timur.

Menurut mereka dikaji dari segi fasiltasi dan sarana di Bandara Malikussaleh dan Pelabuhan Umum Krueng Geukueh sangat strategis untuk pengembangan ekonomi masyarakat. | waspada.co.id

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: