Skip to content

Mudi Mesra Kembangkan Pendidikan Tinggi Terpadu

20 July, 2009

Dayah Mudi Mesra Samalanga, Bireuen akan mengembangkan lembaga pendidikan Islam terpadu di areal 16 hektar di kawasan Batee Iliek Bireuen. Nantinya jenjang pendidikan yang tersedia dari dasar sampai jenjang perguruan tinggi.

Pimpinan Dayah Mudi Mesra, Tgk Hasanul Basri menyatakan, pembangunan akan dimulai awal 2010 mendatang. “Tanah telah kita sediakan, Isya Allah awal 2010 pembangunan fisik akan kita mulai,” kata Hasanul didampingi Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar ketika meninjau lokasi pembangunan, kemarin.

Menurut pria yang akrap disapa Waled Nu, saat ini Mudi Mesra mendidik 2.100 santriwan dan 875 santriwati. Selain menempuh pendidikan agama, mereka juga menempuh pendidikan umum dari TK sampai Universitas. “Namun jumlah fakultasnya masih terbatas, nantinya Budi Mesra akan membuka semua fakultas yang potensial di Aceh,” jelas Waled Nu.

Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar menyatakan, Pemerintah Aceh akan membantu sepenuhnya pembangunan kompleks baru pendidikan tinggi Islam Mudi Mesra. “Saat ini proposal dari mereka telah masuk, awal tahun depan kita akan menganggarkan dana untuk dimulainya pembangunan,”kata Wagub.

Wagub menyebutkan, Pemerintah Aceh akan mendukung pendidikan terpadu seperti yang dikembangkan Mudi Mesra. “Zaman dulu di Aceh ilmu-ilmu umum banyak didapatkan di Dayah, namun mulai ditinggalkan sekarang, kita akan merevitalisasi kembali pendidikan seperti itu,” demikian Wagub.

Sementara itu, saat memberikan ceramah di hadapan 3.000 santri Mudi Mesra, Wagub mengingatkan bahwa Dayah di Aceh pada zaman kesultanan berfungsi sebagai tempat pendidikan formal maupun informal. “Di Dayah lahir ahli hukum, kedokteran, dan disiplin ilmu lainnya,” kata wagub.

Wagub mengajak para pemimpin Dayah untuk merevilitasi (menguatkan) kembali Dayah dengan mengikuti perkembangan teknologi dan mensubkan pelajaran umum. “Tentunya dengan tidak meninggalkan ideologi salafiah,” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub juga menambahkan, bahwa pendidikan Dayah telah disejajarkan dengan pendidikan lainnya. Pemerintah mempunyai perhatian besar terhadap Dayah.

“Sekarang Dayah sudah setara dengan pendidikan lainnya, tinggal bagaimana masyarakat atau alim ulama memajukan pendidikan Dayah seperti zaman dulu,” pesannya.

Di hadapan Wagub, Tgk Hasanul Basri menyebutkan, Dayah Mudi Mesra sudah didirikan sejak zaman kesultanan Iskandar Muda, namun baru tahun 1927 baru ditata secara modern. | harian-aceh.com

9 Comments leave one →
  1. 20 July, 2009 21:45

    tulisan yang sangat bagus, kritis dan membangun…..

    trim’s

    • 23 July, 2009 14:41

      semoga bisa bertambah lagi lembaga pendidikan yang bisa memanfaatkan sumber daya yang ada

  2. hamba ALLAH permalink
    30 August, 2009 00:23

    seMoga mUDi MesRA………Dpt terus berkembang dengan keagamaan islam yg kental…….dan menjadi yg terbaik di seluruh dunia….dan menghasilkan kader2 yg terbaik………good luck

  3. hamba Allah permalink
    9 June, 2010 15:16

    judul budi (kurang tepat)
    MUDI MESRA (100%)

    sering disapa Waled Nu (Kurang tepat)
    ???

    Harap di Betulin…

    • 9 June, 2010 20:19

      terima kasih hamba Allah, sudah di edit🙂

  4. anak itik.. permalink
    27 June, 2011 21:12

    Tgk. H. Hasanoel Bashry (Abu Mudi)

    Waled Nu??????
    kok masih Ada,

  5. 26 July, 2011 12:06

    Cinta sejati hanya kau rasakan, ketika kau melihat Dia dalam titik pusat setiap yang kau cintai.

  6. Mursyid permalink
    10 August, 2012 17:32

    Kta salut trhadp pendidikan dyh. Yg mampu melahirkan berbagai macm ahli yg mampu dalm ditengah2 kehidpan . Mudi mesra tmpgtt tambah ilmu

  7. 25 April, 2013 13:16

    Saya sangat suka pada dayah mudi mesra,rencana saya tahun ini insyaAllah saya akan mengaji di dayah mudi mesra dan bersekolah di mudi mesra tingkat SMA
    I LOVE MUDI

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: