Skip to content

Murid SD Wajib Mampu Baca Al Quran di Aceh

24 July, 2009

Pemerintah melalui Dinas Pendidikan Provinsi Aceh akan menerapkan wajib mampu baca Al-Quran bagi murid Sekolah Dasar (SD) mulai tahun ajaran 2009-2010.

Hal itu diberlakukan sebagai salah satu upaya pemberlakuan syariat Islam di daerah tersebut.

“Ini sejalan dengan hasil muzakarah ulama Aceh yang menyepakati bahwa setiap murid SD harus bisa membaca Al-Quran secara baik dan benar. Ini juga dikaitkan dengan pemberlakuan syariat Islam secara kaffah (menyeluruh) di Aceh,” kata kepala Dinas Pendidikan Mohd. Ilyas, SE MM di Banda Aceh, tadi siang.

Wajib baca Al-Quran bagi murid SD di seluruh kabupaten/kota di Aceh didukung para ulama seperti yang disepakati dalam muzakarah yang antara lain membahas implementasi syariat Islam sesuai Qanun (peraturan daerah) No.5/2008 tentang “Penyelenggaraan Pendidikan” di Aceh.

Selain itu, katanya, Undang-Undang (UU) No.11/2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA) juga mengisyaratkan adanya upaya implementasi syariat Islam di kalangan masyarakat secara menyeluruh melalui berbagai lembaga pendidikan di provinsi tersebut.

Berdasarkan qanun No.5/2008 tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Aceh diisyaratkan semua murid SD harus mampu membaca Al-Quran secara baik dan benar, sehingga seluruh murid nantinya diharapkan lebih cerdas dan berakhlak mulia, tambahnya.

Pemberlakuan wajib baca Al-Quran bagi murid SD ini sebagai upaya mendukung mempercepat pelaksanaan syariat Islam di Aceh. Ini merupakan salah satu dukungan terhadap kesepakatan ulama tentang pemberlakuan wajib baca Al-Quran bagi murid SD tersebut.

“Oleh karena itu, kami memulai secara serentak pada 28 Juli 2009. Jadi, praktisnya kegiatan ini kita mulai tahun ajaran 2009-2010. Semua murid SD harus mengikuti secara serentak setelah Gubernur Irwandi Yusuf membuka acara pada 28 Juli 2009 nanti,” katanya.

Untuk mendukung terlaksananya kegiatan baca Al-Quran dan akhlak mulia di kalangan murid SD, tambahnya, sudah direkrut 2.800 guru pengajian. Semua guru ini diharapkan dapat mendorong para murid untuk mendalami metode baca Al-Quran secara cepat.

Tenaga pengajar khusus pengajian Al-Quran bagi murid SD ini direkrut untuk mempercepat proses pelaksanaan pengajaran membaca kitab suci umat Islam ini. Proses ini diharapkan beberapa tahun ke depan akan melahirkan murid yang cerdas, termasuk membaca Al-Quran.

“Kami sudah merekrut 2.800 guru yang mampu memberi pengetahuan akhlak mulia dan metode membaca Al-Quran secara baik dan benar kepada murid SD di masa mendatang. Kami mengharapkan semua guru dapat mengajarkan cara membaca Al-Quran secara baik dan benar,” kata Ilyas. | waspada

One Comment leave one →
  1. 25 July, 2009 06:32

    Luar biasa ini seharusnya ditiru untuk daerah lain, khususnya di sekolah madrasah….
    info yang sangat bagus, kritis dan membangun….. trim’s

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: