Skip to content

Kain Masa Depan, Berfungsi Seperti Kamera

29 July, 2009

Tim peneliti dari Amerika Serikat baru-baru ini berhasil membuat sebuah kain yang mampu mendeteksi panjang gelombang dan cahaya di sekitarnya.

Penelitian ini membuka kemungkinan pembuatan sebuah kain atau pakaian yang mampu memotret keadaan di sekelilingnya. Kuncinya, sensor-sensor mungil ditanamkan di antara serat-serat kain tersebut.

Seperti dilansir dari situs BBC, tim yang dipimpin oleh Dr Yoel Fink dari Massachusetts Intitute of Technology (MIT) telah menemukan cara untuk menempatkan sensor-sensor secara akurat, di tiap serat kain.

Kemudian, sensor-sensor mungil tadi akan mengirimkan sinyal berdasarkan cahaya yang mereka tangkap. Hasilnya, tim peneliti semakin dekat untuk mewujudkan ‘kain perekam cahaya sekitar’.

Dalam hal ini, Dr Fink dan timnya sebenarnya mengembangkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, yakni membuat serat-serat polimer yang relatif besar, yang dilengkapi dengan sensor.

Penelitian tersebut kemudian diarahkan untuk membuat sensor-sensor temperatur atau sensor cahaya pada bahan yang sangat panjang, untuk keperluan militer.

Sementara pada penelitian terbarunya, Dr Fink dan timnya telah berhasil memampatkan untaian polimer 25 mm menjadi serat yang lebih kecil, sehingga ia dapat diselipkan dengan sensor-sensor.

Untaian serat yang lebih kecil itu ditenun menjadi sebuah kain seukuran 0,1 meter persegi. Di antara serat kain, diselipkan elemen-elemen sensor cahaya, yang mampu menyampaikan sinyal-sinyal.

Alhasil, kain ajaib tersebut mampu merekonstruksi sebuah gambar yang diproyeksikan kepadanya, walaupun hasilnya masih sangat kasar. Namun demikian, tim peneliti menganggapnya sebagai langkah penting bagi penemuan piranti berskala nano.

Di masa depan, penemuan ini bisa saja digunakan untuk kegiatan mata-mata, misalnya untuk merekam obyek-obyek penting yang dimiliki negara musuh.

Dengan pakaian ini, seorang agen mata-mata tak perlu lagi memasang kamera tersembunyi di sela-sela saku atau di kancing baju, karena pakaian yang dikenakannya dapat memotret dengan sendirinya. | vivanews

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: