Skip to content

Universitas Syiah Kuala Melatih 19 Siswa Olimpiade Sains SMA di NAD

30 July, 2009

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) Unsyiah dengan melibatkan 23 dosen senior, sebagian besar merupakan doktor lulusan luar negeri melakukan pengemblengan secara terpadu terhadap 19 siswa SMA Aceh yang lolos ke Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2009.

Koordinator Pembinaan Siswa OSN SMA F-MIPA Unsyiah, Dr Suhrawardi Ilyas mengatakan pihaknya akan berusaha maksimal terhadap kepercayaan yang diberikan Dinas Pendidikan untuk menggembleng duta Aceh ke lomba olimpiade sains tingkat nasional.

Diakui, selama dalam pelatihan banyak kemajuan yang dicapai. Untuk menjadi yang terbaik di lomba tingkat nasional itu, para dosen bahkan memanfaatkan hari libur untuk terus mengajar. Pada minggu pertama, kata Suhrawardi Ilyas yang didampingi Kasi Kurikulum Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Aceh, Drs Laisani pembinaannya dilakukan 60 persen materi dan 40 persen latihan. “Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan tingkat kemampuan siswa. Sebab, sesuai ahsil tes, ternyata tingkat kemampuan siswa berbeda-beda,” katanya.

Namun, kini polanya diubah menjadi 70 persen latihan dan hanya 30 persen pengayaan materi. “Kita berharap dengan banyaknya latihan, pada saat lomba nanti mereka akan terlatih untuk menjawab soal-soal tersebut dengan benar,” katanya. Suhrawardi Ilyas mengatakan untuk bidang studi fisika melibatkan empat dosen senior masing-masing Dr Rini Safitri, Fadli MSi, Irwandi MS. Untuk bidang studi komputer melibatkan Dr Taufik Efendi, Zahnur MSc, Mahyus Ichsan MSi, dan bidang studi kimia melibat empat doktor, masing-masing Dr Saiful, Drs Nurdin Saidi, Dr TM Ikbalsyah, dan Dr Ilham M.

Sedangkan untuk program studi matematika ditangani Dr Marwan, Dr Said Munzir, dan Saiful Amri MSi. Bidang studi biologi ditangani Dr Zairin Thomy, Betty Maulia MSc, Widyasari MSI, Fauziah MSi, dan Iqkbal MSi. Untuk Geo Sains (Ilmu Kebumian) ditangani Dr Nazli Ismail, Dr M Syukri Usman, Nasrullah MSc, dan Didik Sugianto. Sementara untuk bidang studi astronomi melibatkan Dr Suhrawardi Ilyas dan Fasbir MSc.

Kasi Kurikulum Dikmen Dinas Pendidikan Aceh, Drs Laisani yang memantau pelaksanaan pembinaan siswa SMA ke olimpiade sains di Unsyiah kemarin mengaku puas atas keseriusan siswa dalam mengikuti program yang ditangani sejumlah dosen senior tersebut. “Pelatihannya, sangat insten. Kadang-kadang dua siswa ditangani oleh dua dosen sekaligus,” katanya.

Untuk melihat daftar peserta OSN 2009 di DKI Jakarta, silahkan kunjungi http://cs1912.wordpress.com/2009/07/02/pengumuman-hasil-osp-2009/

Sekadar informasi, tahun lalu provinsi NAD berhasil menyabet medali di bidang Fisika atas Sayid Tarmizi dari SMAN 10 Fajar Harapa. Semoga adik-adik SMA dari NAD bisa berprestasi di kancah OSN tahun ini. Amiin | serambinews.com

3 Comments leave one →
  1. 31 July, 2009 22:45

    semoga OSN tahun ini sukses..

  2. 1 August, 2009 22:12

    iya,,moga OSN kali ini juga mampu menyaring anak-anak yang benar-benar terBAIK dari Indonesia

  3. 3 August, 2009 14:05

    Blog anda OK Banget! Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat
    http://kombes.Com

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: