Skip to content

UI Gelar International Conference on Quality in Research

5 August, 2009

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) kembali menggelar The International Conference on Quality in Research (QIR) yang ke-11 di Depok, 3-6 Agustus mendatang. QIR tahun ini akan mengusung dua isu penting terkait Radio Frequency Identification (RFID) sebagai jembatan antara komputerisasi dan telekomunikasi serta infrastruktur hijau untuk pembangunan yang kokoh.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia QIR 2009 Bondan T Sofyan mengatakan setidaknya ada 240 makalah yang akan dipresentasikan selama empat hari penyelenggaraannya dan 70 di antaranya berkaitan dengan RFID. Bondan mengatakan globalisasi mengakibatkan iklim persaingan bisnis yang makin ketat dimana seluruh proyek, produk maupun jasa tertantang untuk memberikan yang terbaik.

“Teknologi dan desain dalam dunia teknik merupakan kekuatan untuk membantu industri kita untuk memperbaiki produktivitas dan kemampuan mereka untuk berkompetisi,” tutur Bondan dalam pembukaan di Gedung FT UI Depok, Selasa (4/8).

Selain dua isu tersebut, QIR 2009 juga akan dimatangkan oleh empat simposium yang mengambil tema Tropical Eco Urbanism, Konservasi Energi melalui Efisiensi Desain dan Manufaktur, Material Unggul dan Proses serta Pendekatan Teknik Industri untuk Pengembangan Produk.

Selain Prof. Sangkot Marzuki dari Eijkman Institute serta Pof. Benyamin Kusumoputro dari Fakultas Ilmu Komputer UI, sejumlah akademisi dari Australia dan Singapura juga akan mempresentasikan makalahnya. Mereka, antara lain, Prof. Freddy C. Boey dari Nanyang Technological University Singapura, Prof. C. F. Leung dari National University of Singapore dan prof. Dr. Simon P. Ringer dari University of Sidney.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FT UI Bambang Sugiarto mengatakan pendalaman teknik dan alat industri dapat membangun performa dan hubungan antara pemangku kepentingan di dalam maupun luar negeri. “Tentu juga dapat memungkinkan kita untuk menciptakan seseuatu melalui inovasi, mempromosikan produktivitas melalui teknologi serta mempererat kerja sama di antara kita,” tutur Bambang. | kompas

One Comment leave one →
  1. 5 August, 2009 12:08

    Info yang sangat menarik, kritis dan membangun….. trim’s

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: