Skip to content

KPLI Luncurkan Ubuntu Sabily Buat Ramadhan

8 September, 2009

Sistem Operasi Ubuntu yang telah ditambahkan berbagai software Islam diluncurkan. Ubuntu dengan nama Sabily ini berisi pengingat sholat, Al-Qur’an browser, bacaan Al-Qur’an, dan lainnya yang sangat pas buat Ramadhan. Komunitas Pengguna Linux Indonesia (KPLI) Aceh menyelenggarakan seminar untuk mensosialisasikannya.

Ketua KPLI Aceh, Ali Murtada, mengatakan mereka akan menyelenggarakan seminar pada hari Minggu sore (13/9) bertempat di restoran Wong Solo Banda Aceh. Yang akan menjadi pembicara adalah seseorang yang selama ini telah lama meriset tentang sistem operasi yang cocok untuk bulan Ramadhan dan jauh dari pornograpi. Namanya Arif Munawar Ahadi, Amd” kata Ali.

Pokoknya sistem operasi ini habis (total-red) Muslim lah,hujarnya. Seminar akan dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama anggota KPLI dan para undangan lainnya.

Seperti halnya induknya yaitu Ubuntu 9.04, Sabily tetap menyertakan fitur utama Ubuntu disertai dengan program-program Islam seperti tampilan wallpaper sabily, theme, aplikasi pengingat sholat, Aplikasi yang berisi Al-Qur’an dan terjemahnya, aplikasi yang memberikan informasi waktu sholat setiap waktu tertentu dan banyak lagi lainnya.

Sebelumnya Ubuntu 9.04 di rilis pada 20 April 2009 kemarin. Kemudian kini muncul distro Ubuntu yang sebelumnya lebih populer dengan nama Ubuntu Moslem Edition dan kali ini diubah dengan nama Sabily 9.04 dengan kode nama Taibah.

Penelusuran The Globe Journal pada situsnya, Sabily 9.04 ini tersedia dalam 3 versi yaitu Small version (935 MB), yang berisi paket utama Sabily, aplikasi Islami dan dukungan Arabic.

Kemudian full version (1.4 GB), isinya seperti small version dengan tambahan multimedia, paket edukasi dan tambahan lainnya. Dan terakhir Full version with recitations (2.8 GB), yang isinya seperti paket full version dengan tambahan bacaan Quran dari Syech terkenal seperti Muhammad Siddiq al-Minshawi, Huzify, Sa’ad al-Ghamadi dan Mushary Rasyid Al-Afasy.

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: