Skip to content

IAIN Diminta Tingkatkan Pengetahuan Islam Masyarakat Aceh

17 September, 2009

Dosen dan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry Darussalam diminta berpartisipasi aktif meningkatkan pengetahuan Islam masyarakat Provinsi Aceh melalui berbagai kegiatan yang dilakukan instansi tersebut.

“Momentum kuliah pengabdian masyarakat (KPM) semester ganjil 2009-2010 ini dapat diisi dengan kegiatan-kegiatan yang mendorong masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap ajaran Islam,” kata wakil gubernur, Muhammad Nazar di Banda Aceh, malam ini.

Pernyataan itu disampaikan ketika menerima panitia KPM bersama Dewan Pengurus Pusat Korops IAIN Ar-Raniry (DPP Koniry) berkaitan dengan kegiatan KPM yang melibatkan sekitar 500 mahasiswa termasuk tenaga pendamping selama 45 hari di Aceh.

Hadir pada acara tersebut pembantu rektor bidang akademik, M Nasir Budiman, ketua KPM, Zubier Raden, ketua harian Koniry, Teuku Sulaiman Badai, sekretaris jenderal DPP Koniry, Fuadi Zulkifli dan sejumlah pengurus DPP Koniry.

Wagub Muhammad Nazar yang juga ketua DPP Koniry itu menyatakan kegiatan akbar yang melibatkan 500 mahasiswa dilaksanakan di lima kabupaten/kota tersebut diharapkan mampu membangkitkan kembali kreatifitas masyarakat terhadap ajaran Islam.

“Saya kira, lembaga pendidikan agama Islam (IAIN) ini lebih berperan mendorong masyarakat untuk meningkatkan kualitas pengetahuan Islam, di samping kreatifitas sektor ekonomi melalui kegiatan rutinnya sesuai profesi masing-masing.

Momentum ini juga dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan isu-isu pembangunan yang sedang dan akan dilakukan pemerintah Aceh, kata Muhammad Nazar seraya menambahkan, kreatifitas masyarakat perlu didorong ke arah yang lebih maju dalam berbagai kegiatan.

“Kami mengharapkan kegiatan terbesar yang melibatkan 500 orang perguruan tinggi agama Islam negeri ini mampu mengubah kebiasaan masyarakat ke arah yang lebih baik, kreatif dan produktif di masa mendatang,” kata Wagub Muhammad Nazar.

Purek bidang akademik Prof. M. Nasir Budiman mengatakan, kegiatan yang direncanakan dimulai pada 19 Oktober 2009 itu berlangsung di Kabupaten Aceh Singkil, Kota Subulussalam, Aceh Tenggara, Aceh Tamiang dan Aceh Tengah.

“Kegiatan yang mendapat dukungan pengurus DPP Koniry ini dapat memberi nilai tambah bagi masyarakat. Kami akan berupaya maksimal sesuai dengan harapan yang disampaikan Wagub Muhammad Nazar,” kata M Nasir Budiman. | waspada

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: