Skip to content

Aceh Selatan Masih Diliputi Suasana Lebaran

28 September, 2009

Hingga Minggu (27/9), Aceh Selatan masih diliputi suasana lebaran yang ditandai aktivitas secara umum belum sepenuhnya pulih.

Sementara itu, sejak hari pertama kerja, perkantoran pemerintah masih terlihat sepi karena belum seluruh PNS masuk kerja dan jam kerja belum berjalan efektif.

Aceh Selatan sejak April 2009 telah memberlakukan sistem lima hari kerja (Senin hingga Jumat), dan ketika hari pertama kerja dimulai Kamis ((24/9), kantor hanya buka dua hari untuk selanjutnya Sabtu dan Minggu kembali libur. Diperkirakan hingga Minggu banyak karyawan pemerintah maupun swasta masih berada di daerah asal maupun di tempat-tempat mereka menghabiskan waktu libur akhir pekan.

Menurut pantauan Minggu, suasana lebaran terasa menonjol ditandai sepinya aktivitas pasar serta jalan-jalan raya dari lalu lalang kendaraan bermotor. Sementara itu, cuaca terlihat mendung diselingi gerimis setelah sehari sebelumnya hujan lebat mengguyur seantero bumi pala.

Menurun
Cuaca yang tak menentu ini diperkirakan ikut mempengaruhi mobilitas warga dalam kaitan menikmati hari libur. Ini terlihat dari menurunnya jumlah kunjungan ke tempat-tempat rekreasi dibanding seharusnya dimana pada hari-hari “istimewa” masyarakat tumpah ke objek-objek wisata alam.

Di pemandian alam Bukit Aroya, Lhok Bengkuang, Kecamatan Tapaktuan, menurut pantauan selepas siang hanya ada sejumlah kecil mobil dan sepeda motor parkir dengan jumlah pengunjung rada terbatas. Ini sangat berbeda dibanding situasi umumnya pada setiap hari libur dimana pengunjung terlihat membludak.

Sementara itu, aktivitas perekonomian di Tapaktuan yang mulai berlangsung sejak hari keempat lebaran, hingga hari ke delapan Minggu juga belum berjalan efektif. Para pedagang, baik di pusat pasar (Pasar Inpres), pusat perbelanjaan pasar bertingat maupun pusat pertokoan di Jalan Merdeka mulai melakukan aktivitas namun terlihat masih sepi pembeli.

Belum pulihnya aktivitas ekonomi juga ditandai dengan sepinya aktivitas angkutan umum penumpang sebagai sebuah konsekuensi. Baik angkutan antarkecamatan maupun angkutan kota. Kecuali itu, angkutan antarkabupaten dan antarprovinsi terlihat mulai berangsung normal dalam kaitan gerakan arus balik. Diperkirakan aktivitas secara umum kembali normal sepenuhnya dalam pekan kedua Idulfitri 1430 H ini. | analisadaily

No comments yet

Tinggalkan komentar Anda disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: